Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

UMM Tambah Guru Besar Baru Bidang Pangan dan Logistik

Persentase jumlah guru besar di Jawa Timur tiga persen dari jumlah nasional sebanyak 6.000 orang.
Rektor UMM Fauzan (tengah) menyaksikan penyerahan SK Guru Bsar kepada Prof.  Elfi Anis Saati (kiri) di Malang, Kamis (16/7/2020)./Istimewa
Rektor UMM Fauzan (tengah) menyaksikan penyerahan SK Guru Bsar kepada Prof. Elfi Anis Saati (kiri) di Malang, Kamis (16/7/2020)./Istimewa

Bisnis.com, MALANG — Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) mempunyai dua guru besar baru, yakni Prof. Elfi Anis Saati, Guru Besar di bidang Teknologi Hasil Pangan Fakultas Teknik dan Prof. Ilyas Masudin, Guru Besar di Bidang Logistik dan Rantai Pasok Fakultas Pertanian-Peternakan.

Beberapa karya Elfi banyak berhubungan dengan pewarna makanan alami yang berasal dari pigmen bunga. Tak tunggung-tanggung hasil penelitian Ketua Halal Center tersebut pernah menembus The Five Best Poster Product Halal Excellent at World Halal Research Kuala Lumpur serta menjadi reviewer jurnal internasional.

Sementara, Ilyas merupakan dosen Teknik Industri yang menjadi dosen pertama yang mendapat status sebagai ASEAN Engineer. Lisensi itu diterima dosen yang menyelesaikan pendidikan doktoral di RMIT University, Melbourne, Australia ini saat menghadiri konferensi ke-36 The ASEAN Federation of Engineering Organizations.

Rektor UMM Fauzan sendiri menyatakan UMM sudah mencanangkan program Guru Besar Asuh, dimana guru besar yang telah ada diminta untuk mendampingi para dosen untuk segera mengurus jabatan fungsional tertinggi dosen ini. Program ini dalam rangka mengakselerasi jumlah guru besar yang ada.

Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDikti) Wilayah VII Jawa Timur Prof. Suprapto menyatakan, prosentase jumlah guru besar di Jawa Timur tiga persen dari jumlah nasional sebanyak 6.000 orang. Tahun ini, dia menargetkan 4 persen dari keseluruhan nasional.

“Ini sangat memungkinkan. Target ini memicu saya untuk bekerja lebih giat lagi,” ungkapnya di sela-sela penyerahan Surat Keputusan Guru Besar oleh Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDikti) Wilayah VII Jawa Timur di Ruang Sidang Senat UMM, Kamis (16/7/2020). (K24)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Choirul Anam
Editor : Miftahul Ulum
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper