Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Pemprov Jatim dengan Kedutaan Inggris Bikin Platform Data Real Time Covid-19

Kolaborasi ini mengembangkan visualisasi materi kesehatan publik untuk meningkatkan pemahaman wilayah dengan risiko kesehatan rendah, sedang dan yang tinggi.
Peni Widarti
Peni Widarti - Bisnis.com 07 Juli 2020  |  16:36 WIB
Ilustrasi. - Shutterstock
Ilustrasi. - Shutterstock

Bisnis.com, SURABAYA - Pemerintah Provinsi Jawa Timur berkolaborasi dengan Kedutaan Besar Inggris dalam mengoptimalkan akses data real time terkait Covid-19 bagi masyarakat Jatim.

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa mengatakan melalui perluasan akses data real time diharapkan upaya intervensi kebijakan yang diambil oleh Pemprov Jatim bisa langsung diikuti dan dilaksanakan oleh seluruh stakeholders serta terkonfirmasi langsung di masyarakat.

“Jika kita mendapat support data real time, maka intervensi kebijakan juga bisa dilakukan dengan presisi yang lebih tinggi dan hasil yang lebih signifikan,” katanya dalam rilis, Selasa (7/7/2020).

Dia menjelaskan kolaborasi tersebut berupa Program Digital Access yakni membuat platform digital yang berisi visualisasi rate of transmission (Rt) hingga attack rate (AR) yang real time di setiap kota/kabupaten. Platform ini nantinya bisa diakses oleh masyarakat secara luas guna meningkatkan kewaspadaan.

"Kolaborasi ini diharapkan dapat mengembangkan visualisasi materi kesehatan publik untuk meningkatkan pemahaman masyarakat mengenai wilayah dengan risiko kesehatan rendah, sedang dan yang tinggi," imbuhnya.

Duta Besar Inggris untuk Indonesia dan Timor Leste, Owen Jenkins mengatakan kolaborasi dengan Pemprov Jatim juga merupakan bagian dari bantuan yang diberikannya melalui gerakan swadaya masyarakat LaporCovid-19.

“Proyek ini merupakan bagian dari program Digital Access dibawah Kedutaan Inggris di Jakarta dan akan dilaksanakan dengan koordinasi bersama Pemerintah Indonesia, dan Jawa Timur adalah wilayah pertama yang bekerja sama dengan kami dan menjadi prioritas,” ujarnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

jatim surabaya
Editor : Miftahul Ulum
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top