Lumbung Pangan Jatim Sediakan Pasokan Daging Ayam Murah

Pasokan daging ayam frozen ini merupakan komoditas yang diserap dari hasil peternak di Jombang dan Mojokerto.
Lumbung pangan Jatim menyediakan daging ayam beku.
Lumbung pangan Jatim menyediakan daging ayam beku.

Bisnis.com, SURABAYA - Pemerintah Provinsi Jawa Timur melalui program Lumbung Pangan Jatim menyiapkan pasokan daging ayam siap olah dengan harga di bawah pasaran yakni Rp27.000/ekor.

Ketua Tim Pelaksana Lumbung Pangan Jatim, Mirza Muttaqien mengatakan pasokan daging ayam frozen ini merupakan komoditas yang diserap dari hasil peternak di Jombang dan Mojokerto.

"Diharapkan penyediakan pasokan daging ayam ini bisa memenuhi kebutuhan masyarakat di tengah naiknya harga daging ayam di pasaran yang saat ini harganya sekitar Rp35.000 - Rp40.000/kg," jelasnya, Selasa (2/6/2020).

Berdasarkan data Sistem Informasi Ketersediaan dan Perkembangan Harga Bahan Pokok (Siskaperbapo) Jatim per 2 Juni 2020, harga daging ayam broiler rata-rata mencapai Rp35.600/kg.

Harga tertinggi ada di wilayah Probolinggo mencapai Rp44.000/kg dan di Surabaya Rp33.000/kg. Diketahui 1 ekor ayam umumnya berisi 1 kg - 1,5 kg bergantung besar dan kecilnya ayam. Berdasarkan data BPS Jatim, daging ayam ras juga menjadi penyumbang inflasi pada Mei 2020 sebesar 0,18 persen. Harga daging ayam pada periode tersebut telah mengalami kenaikan 6,08 persen.

Dia mengatakan hingga saat ini Lumbung Pangan Jatim mampu menjual 3 kuintal daging ayam karkas per hari. Penjualan dilakukan secara online dan offline di Jatim Expo.

Direktur Utama PT Jatim Grha Utama ini menambahkan, selain menyediakan pasokan daging ayam frozen, Lumbung Pangan Jatim juga sejak awal menyediakan berbagai bahan pokok seperti beras dan minyak goreng.

Adapun data penjualan Lumbung Pangan Jatim per 29 Mei 2020, tercatat penjualannya mencapai Rp5,02 miliar. Dari jumlah itu, sebanyak Rp4,2 miliar merupakan hasil penjualan secara offline dan penjualan secara online mencapai Rp752,3 juta.

Diketahui program Lumbung Pangan Jatim ini sudah digelar sejak 21 April 2020 hingga 21 Juli 2020. Program ini bisa melayani masyarakat secara online di Surabaya, Sidoarjo dan Gresik kecuali wilayah Bawean dan Ujung Pangkah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Peni Widarti
Editor : Miftahul Ulum
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper