Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

SiBansos Permudah Penyaluran Bantuan Sosial di Kota Malang

Aplikasi SiBansos (Sistem Bantuan Sosial) mempermudah pengelolaan bansos sehingga penyalurannya di Kota Malang, Jawa Timur, relatif lancar.
Wali Kota Malang Sutiaji (kiri) menjelaskan kepada anggota DPRD Provinsi Jatim, di Malang, Selasa (5/5/2020), mengenai aplikasi SiBansos untuk membantu penyaluran bansos untuk warga terdampak Covid-19./Istimewa
Wali Kota Malang Sutiaji (kiri) menjelaskan kepada anggota DPRD Provinsi Jatim, di Malang, Selasa (5/5/2020), mengenai aplikasi SiBansos untuk membantu penyaluran bansos untuk warga terdampak Covid-19./Istimewa

Bisnis.com, MALANG – Aplikasi SiBansos (Sistem Bantuan Sosial) mempermudah pengelolaan bansos sehingga penyalurannya di Kota Malang, Jawa Timur, relatif lancar.

Wali Kota Malang Sutiaji menyampaikan hal itu kepada dua anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Jawa Timur, di Malang, Selasa (5/5/2020). Hal itu terkait kiat dalam merealisasikan panyaluran bansos di Kota Malang.

Kunjungan anggota DPRD Provinsi Jawa Timur, Sri Untari dan Hikmah Bafaqih, tersebut untuk melihat secara langsung pencegahan, mitigasi, dan kesiapsiagaan dalam pendemi Covid-19 di Kota Malang.

Sri Untari menilai Kota Malang pemiliki satu terobosan yang sangat positif, salah satunya adalah dengan memiliki sistem untuk menata bantuan sosial, mulai peta, jumlah, orang sampai kepada by name by address yang bisa dicek oleh yang bersangkutan sendiri.

Sistem inilah, ungkapnya, yang memudahkan untuk bisa mengawasi akuntabilitas dan itu mulai dana bantuan sosial yang bersumber dari pemerintah pusat (APBN), dari beberapa kementerian, pemerintah daerah (provinsi dan kota), filantropi, dan donasi.

Kedua anggota DPRD Jatim ini juga berkesempatan meninjau Sekretariat Satgas Covid-19 Kota Malang dan berkunjung ke RW Tangguh Covid-19 di Kelurahan Purwantoro.

Wali Kota Malang Sutiaji menjelaskan kesiapan dan upaya pemerintah daerah selama ini dalam pencegahan penyebaran Covid-19 khususnya mengenai Manajemen Bantuan Sosial (bansos) terdampak Covid-19 di Kota Malang.

Bansos untuk memenuhi kebutuhan sementara masyarakat terdampak Covid-19 dan hanya diberikan hanya pada masa Covid-19 ini memiliki keterbatasan sehingga bansos ini harus tepat sasaran, akuntabel dan terintegrasi.

Ada empat sektor yang menjadi ujung tombak data penerima bansos, yakni di Dinas Dikbud, Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata, Dinas Koperasi Peruindsutrian dan Perdangan, dan Dinas Sosial.

Dia menjelaskan data penerima bansos yang masih bergerak dinamis. “Total kurang lebih 80.000 KK dan itu masih dinamis berkembang yang sekarang masih updating data. Asumsi kami ini tiga bulan, April, Mei, Juni,” ucapnya.

Pengelolaan Bansos di Kota Malang akan dibantu dengan aplikasi Sibansos (Sistem Bantuan Sosial) agar semua data sasaran penerima bansos dan sumber bantuan bansos menjadi satu. Data bansos akan terintegrasi dengan data kependudukan sehingga tepat sasaran dan dapat dipertanggungjawabkan.

Manfaat Sibansos ini banyak dan mempermudah seperti mempercepat input data, verifikasi real time, data dinamis, skala prioritas, self-registration, dan transparan.

Sementara itu, data Covid19 Kota Malang per 5 Mei 2020 menyebutkan ODR 1.956 orang (bertambah 2), OTG 242 orang, ODP 758 (bertambah 12), dengan perincian 158 dipantau ( berkurang 5), dan 599 selesai dipantau (bertambah 7), 1 meninggal.

Positif Covid-19 sebanyak 18 orang, 8 sembuh dan 10 dirawat. PDP total 179 (bertambah 2), dengan perincian PDP meninggal 12 org (bertambah 1), PDP sehat atau selesai pengawasan 107 orang (bertambah 2), PDP Perawatan 60 orabng (berkurang 1).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Choirul Anam
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper