Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Pemerintah Lakukan Tracing Virus Corona di Pabrik Rokok Sampoerna

Tim gugus tugas melakukan tracing di dalam kompleks pabrik rokok Sampoerna, setelah ditemukannya dua orang meninggal dunia karena terinfeksi virus corona.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 01 Mei 2020  |  13:37 WIB
Petugas medis memperlihatkan sampel darah pengemudi angkutan umum saat tes cepat (Rapid Test) COVID-19 di Kantor Pusat Kementerian Perhubungan, Jakarta, Senin (20/4/2020). Bisnis - Eusebio Chrysnamurti
Petugas medis memperlihatkan sampel darah pengemudi angkutan umum saat tes cepat (Rapid Test) COVID-19 di Kantor Pusat Kementerian Perhubungan, Jakarta, Senin (20/4/2020). Bisnis - Eusebio Chrysnamurti

Bisnis.com, SURABAYA - Pemerintah semakin serius menangani penyebaran virus corona yang berada di pabrik rokok Sampoerna Rungkut dan sedang melakukan tracing terhadap pekerja.

Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 (virus Corona) Provinsi Jawa Timur menyampaikan saat ini sedang menangani temuan kluster baru pasien yang terkonfirmasi positif di kawasan Pabrik Sampoerna Rungkut Surabaya.

"Kami sudah bertemu dengan manajemen perusahaan Sampoerna untuk menangani persoalan ini," ujar Ketua Rumpun Kuratif Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Jatim, dr Joni Wahyuhadi di Surabaya, Rabu (29/4/2020) malam.

Manajemen perusahaan, kata dia, membenarkan bahwa terdapat dua karyawannya yang positif Covid-19 dan sudah dirawat di rumah sakit, tetapi keduanya telah meninggal dunia.

Menindaklanjutinya, tim gugus tugas melakukan tracing di dalam kompleks tersebut dan teridentifikasi terdapat sembilan orang statusnya pasien dalam pengawasan (PDP), lalu dirujuk ke rumah sakit.

Selain itu, sebanyak 163 orang juga sudah dilakukan swab PCR yang hasilnya akan muncul pada satu hari hingga dua hari ke depan.

Tak itu saja, pihaknya juga telah melakukan rapid test dan diketahui sebanyak 63 orang hasilnya positif terinfeksi virus corona.

"Mereka sudah dimasukkan ke ruang isolasi oleh PT HM Sampoerna Tbk. (HMSP) dan kami awasi dengan menempatkan tenaga medis ke sana. Insya Allah besok (Kamis), dilakukan swab PCR di RSUD dr Soetomo Surabaya," ucapnya.

Sementara itu, mayoritas karyawan yang hasil rapid test reaktif atau positif, kata dia, kondisi tubuhnya sehat sehingga tidak tampak gejala klinis, seperti demam maupun batuk.

Sejumlah langkah-langkah, lanjut dia, juga dilakukan oleh tim tracing gugus tugas serta Dinas Kesehatan, bahwa yang satu kompleks di perusahaan tersebut atau sekitar 500-an orang telah ditutup dan karyawannya diliburkan.

"Yang dekat dengan karyawan sudah positif maka besok akan dilakukan tes PCR," tutur direktur utama RSUD dr Soetomo Surabaya tersebut.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

hm sampoerna sampoerna pabrik rokok Virus Corona covid-19

Sumber : Antara

Editor : Novita Sari Simamora
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top