Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Pemkot Surabaya Pastikan Kecepatan Pencetakan e-KTP

Kecepatan layanan pembuatan KTP elektronik tidak melebihi 7 hari.
Peni Widarti
Peni Widarti - Bisnis.com 09 Maret 2020  |  20:19 WIB
Warga mengikuti perekaman data untuk pembuatan e-KTP. - JIBI/Nicolous Irawan
Warga mengikuti perekaman data untuk pembuatan e-KTP. - JIBI/Nicolous Irawan

Bisnis.com, SURABAYA - Pemerintah Kota Surabaya memastikan kecepatan layanan pembuatan KTP elektronik tidak melebihi 7 hari mengingat sudah ada kelancaran distribusi blanko e-KTP dari pemerintah pusat.

Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dispendukcapil) Surabaya, Agus Imam Sonhaji menjelaskan sesuai dengan sesuai Peraturan Daerah (Perda), masa pencetakannya sekitar 7 hari, tetapi pihaknya yakin bisa mempercepat pencetakan.

"Kita percepat, 7 hari itu terlalu lama, apalagi ini sudah lancar pengiriman blangko KTP-el nya, sehingga pasti bisa lebih cepat,” katanya dalam rilis, Senin (9/3/2020).

Dia menjelaskan warga yang baru mengajukan pembuatan KTP-el, nanti akan mendapatkan e-Kitir yang dilengkapi QR Code. Jika QR Codenya tersebut discan, maka akan diketahui progress pembuatan, sudah tercetak atau belum.

"Dengan e-Kitir itu, bisa diketahui juga apakah e-KTP nya sudah dikirim ke kelurahan atau tidak. Ini kami buat supaya warga tidak bolak-balik datang ke Siola atau ke kelurahan," jelasnya.

Agus menambahkan Pemkot Surabaya telah mendapatkan distribusi sebanyak 153.000 blanko e-KTP dan telah diterbitkan untuk warga sejak Juni 2019 - awal Februari 2020.

"Dengan adanya kelancaran distribusi blanko, kami sudah menuntaskan pencetakan ratusan ribu e-KTP sehingga kami sudah tidak lagi mengeluarkan surat keterangan (Suket) daftar e-KTP," imbuhnya.

Dia menambahkan warga juga bisa download aplikasi Surabaya e-ID supaya bisa melakukan pengecekan e-KTP yang sudah dicetak atau sudah sampai di kelurahan setempat.

Agus berharap dengan percepatan proses pencetakan e-KTP maka kebutuhan masyarakat bisa terlayani dengan baik terutama untuk kebutuhan pemilu wali kota.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

surabaya e-ktp jawa timur
Editor : Miftahul Ulum
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top