Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Siapkan Aplikasi Online, Pemkot Surabaya Permudah Layanan Masyarakat

Pemerintah Kota Surabaya berupaya mempermudah pelayanan kepada masyarakat dengan menyediakan aplikasi MBR (Masyarakat Berpenghasilan Rendah), SKM (Surat Keterangan Miskin) online dan SKBK (Surat Keterangan Bantuan Kesehatan) online.

Bisnis.com, SURABAYA - Pemerintah Kota Surabaya berupaya mempermudah pelayanan kepada masyarakat dengan menyediakan aplikasi MBR (Masyarakat Berpenghasilan Rendah), SKM (Surat Keterangan Miskin) online dan SKBK (Surat Keterangan Bantuan Kesehatan) online.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Kota (Bappeko) Surabaya, Eri Cahyadi mengatakan memasuki revolusi industri 4.0, pemkot ingin mempermudah dalam memberikan pelayanan dengan mempercepat proses pelayanan melalui aplikasi berbasis online.

“Dalam kondisi 4.0 digital ini, kita ingin mempermudah sebenarnya. Karena semua orang sekarang sudah pakai Whatsapp, secara otomatis aplikasi ini bisa didownload ke gadget ketua RW masing-masing," ujarnya dalam rilis, Rabu (29/1/2020).

Dia mengatakan melalui aplikasi tersebut, ketua RW bisa melaporkan atau mendaftarkan warganya yang termasuk dalam MBR dengan memasukan NIK (Nomor Induk Kependudukan) dan alamat domisili warganya.

"Setelah itu, secara otomatis, data yang dilaporkan itu kemudian masuk ke dalam aplikasi lurah," imbuhnya.

Eri menjelaskan, untuk menentukan warga tersebut tergolong MBR atau tidak dibutuhkan waktu 48 jam setelah memasukan data melalui aplikasi.

"Dengan aplikasi itu, permasalahan yang ada di masyarakat itu bisa terselesaikan dengan lebih cepat. Apalagi, ketua RW dan RT merupakan unsur sosial yang paling dekat dari masyarakat," imbuhnya.

Eri mencontohkan jika ada warga yang meninggal dunia atau melahirkan bisa melaporkan melalui aplikasi tersebut sehingga secara otomatis terkoneksi dengan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil.

“Setelah itu kami proses di Dispendukcapil, langsung juga di kecamatan, kita juga akan ubah KSK nya, sehingga pak RW nanti bisa mengambil langsung ke kelurahan,” imbuhnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Peni Widarti
Editor : Sutarno
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper