Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Senjata Rakitan Asal Lumajang Dikhawatirkan Masuk Papua Digunakan KKB

Polda Jawa Timur menyurati 18 polda di Indonesia menyusul dugaan pengiriman senjata api rakitan dari Lumajang untuk kelompok kriminal bersenjata (KKB) di Papua.

Bisnis.com, SURABAYA - Polda Jawa Timur menyurati 18 polda di Indonesia menyusul dugaan pengiriman senjata api rakitan dari Lumajang untuk kelompok kriminal bersenjata (KKB) di Papua.

"Kami sudah mengirimkan surat ke polda-polda, salah satunya Polda Papua," ujar Dirreskrimsus Polda Jatim Kombes Pol. Gidion Arif Setyawan saat ditemui di mapolda setempat, Surabaya, Senin (13/1/2020).

Kombes Pol. Gidion Arif Setyawan mengaku telah berkomunikasi dengan Polda Papua membahas tentang analisis data senjata api rakitan asal Lumajang yang dijual ke Papua.

"Kekhawatirannya untuk KKB atau kelompok yang tidak bertanggung jawab," ucap perwira menengah tersebut.

Hingga saat ini, dia mengakui belum tahu persis jenis senjata api rakitan apa saja yang dipasok dari Lumajang ke Papua.

Ia khawatir jika ada senjata api dengan kaliber tinggi dan menduga yang berhasil lolos dengan kaliber 4.5.

"Kalau yang 6.5 ke atas itu, yang perlu pengawasan khusus. Beberapa polda juga sudah menyampaikan komunikasinya untuk menindaklanjuti," katanya.

Sebelumnya, Polda Papua mencium adanya dugaan penyelundupan senjata dan amunisi dari luar negeri untuk KKB.

Dugaan itu menyusul maraknya teror penembakan oleh KKB di berbagai daerah di Papua akhir-akhir ini.

"Memang ada info-info bahwa bukan hanya dari dalam negeri, melainkan juga dari luar negeri. Ada indikasi dari perbatasan itu juga masuk. Dari Filipina juga masuk melalui Maluku Utara, kemudian ke Sorong, Papua Barat, lalu masuk ke Papua. Banyak jalan yang mereka gunakan. Itu yang sedang kami lacak," kata Kapolda Papua Irjen Pol. Paulus Waterpauw di Timika, Papua, Senin (13/1/2020).

Waterpauw menambahkan bahwa Polda Papua juga mendapatkan informasi ada sejumlah senjata rakitan dari daerah Lumajang dengan kondisi yang cukup modern, beberapa di antaranya sudah masuk ke wilayah Papua.

Sementara itu, kasus pembuatan senjata rakitan di Lumajang tersebut pernah diungkap oleh jajaran kepolisian di Polda Jatim beberapa waktu lalu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Miftahul Ulum
Sumber : Antara

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper