Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rawan Pohon Tumbang, Surabaya Akan Gelar Perantingan Besok

Pemerintah Kota Surabaya akan menggelar perantingan pohon secara besar-besaran di sejumlah ruas.
Ilustrasi./JIBI
Ilustrasi./JIBI

Bisnis.com, SURABAYA – Pemerintah Kota Surabaya akan menggelar perantingan pohon secara besar-besaran di sejumlah ruas jalan utama seperti Jl. A. Yani dan Jl. Darmo guna mengantisipasi adanya pohon tumbang pada saat cuaca ekstrem.

Hendri Setianto, Kepala Bidang Ruang Terbuka Hijau (RTH) dan Penerangan Jalan Umum (PJU), Dinas Kebersihan dan Ruang Terbuka Hijau (DKRTH), mengatakan rencananya perantingan akan dilakukan pada 11 Januari 2020 dan akan menutup sebagian Jl. A. Yani pukul 05.00 – 12.00 WIB, dan pada 12 Januari 2020 di Jl. Darmo mulai pukul 05.00 – 10.00 WIB.

“Untuk itu, selama perantingan ini pengguna kendaraan di Jl. A. Yani akan dialihkan melalui Froantage Road sisi barat, sedangkan di Jl. Darmo bertepatan dengan Car Free Day, jadi mohon maaf bila ada mobil perantingan yang masuk,” jelasnya saat konferensi pers, Jumat (10/1/2020).

Dia menjelaskan perantingan di Jl. A. Yani akan dilakukan mulai dari kawasan Siwalankerto hingga Taman Pelangi, sedangkan di Jl. Darmo akan dimulai dari Taman Bungkul sampai RS Darmo. Perantingan ini akan melibatkan sekitar 100 personel baik dari petugas kebersihan dan tim Kadaka.

“Pohon-pohon angsana yang ada di kedua kawasan ini memang harus dipotong rantingnya maupun gundul karena usia pohonnya juga sudah 40 tahun jadi banyak yang sudah keropos,” imbuhnya.

Selain melakukan perantingan, Pemkot Surabaya juga telah menambah kapasitas pompa air dari 1 – 5 meter kubik guna mengantisipasi banjir menyusul adanya prediksi dari BMKG bahwa akan ada banjir rob.

Pemerintah juga memasang 16 TV Wall di balai RT/RW terutama di kawasan pesisir agar bisa dimanfaatkan nelayan dalam memantau kondisi cuaca dan kecepatan angin.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Peni Widarti
Editor : Miftahul Ulum
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper