Angkutan Umum Kota Malang Terapkan Sistem Online

Angkutan umum di Kota Malang akan segera beroperasi dengan berbasis online sehingga diharapkan dapat memberikan rasa nyaman dan aman penggunanya.
Choirul Anam
Choirul Anam - Bisnis.com 26 November 2019  |  20:02 WIB

Bisnis.com, MALANG - Angkutan umum di Kota Malang akan segera beroperasi dengan berbasis online sehingga diharapkan dapat memberikan rasa nyaman dan aman penggunanya.

Wali Kota Malang Sutiaji mengatakan pengoperasian angkutan umum berbasis online terlebih dulu dilakukan uji coba, sedangkan untuk penggunaan teknologinya Pemkot Malang menggandeng PT. Teknologi Rancang Olah Nusantara (TRON).

"Hari ini kami juga akan melakukan penandatanganan kerja sama dengan PT. Teknologi Rancang Olah Nusantara (TRON) untuk uji coba sistem angkutan umum secara online di Kota Malang," tuturnya di Malang, Selasa (26/11/2019).

Pernyataannya itu merupakan bagian dari sosialisasi kebijakan angkutan umum online yang akan segera dilaksanakan di Kota Malang.

Ada 600 pengemudi angkutan umum yang hadir. Sosialisasi tersebut diharapkan mampu memberi pandangan baru pada pengemudi terkait kebijakan-kebijakan baru di bidang transportasi umum.

"Melalui kegiatan ini, saya juga berharap jalinan silaturahmi diantara kami dapat tetap terjalin dengan baik" ujarnya. Sosialisasi itu diperlukan untuk memberikan pelayanan terbaik pada masyarakat Kota Malang di bidang transportasi umum.

Dia menyadari, tentu dalam uji coba itu nanti, akan terjadi pro dan kontra. Namun Pemkot Malang tidak akan memaksa pada pengemudi untuk mengikuti kebijakan tersebut. Pengemudi dibebaskan memilih menggunakan sistem online maupun offline.

Sosialiasi diperlukan karena sopir-sopir angkot belum begitu memahami konsep dari angkutan berbasis online tersebut. Menurutnya, hal itu dapat diatasi dengan sosialisasi dan uji coba lebih dulu, sehingga nantinya diharapkan mampu meningkatkan perekonomian bagi pengemudi.

"Tadi sudah saya sampaikan, saya yakin, pelan tapi pasti kalau sudah tau manfaatnya itu akan bisa menjadi daya ungkit mereka untuk ikut," ucapnya.

Kepala Dinas Perhubungan Kota Malang Handi Priyanto, mengatakan bahwa kegiatan tersebut dilaksanakan untuk meningkatkan motivasi dan pengembangan diri melalui aspek keterampilan, pengetahuan serta sikap pengemudi angkutan umum di Kota Malang.

"Selain itu, muaranya juga untuk memberikan pelayanan yang baik pada masyarakat serta dengan diberikannya seragam maka kahi berharap dapat mengantisipasi tindakan kriminal di angkutan umum," tandasnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
kota malang

Editor : Sutarno
KOMENTAR


Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top
Tutup