Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Mahasiswa UB Temukan Alat Deteksi Dini Penyakit Skizofrenia

Mahasiswa Universitas Brawijaya menemukan alat deteksi dini penyakit skizofrenia yang dinilai murah, cepat, dan tepat.
Tim gabungan mahasiswa baru angkatan 2019 dari Fakultas MIPA dan Fakultas Ilmu Komputer Universitas Brawijaya (FILKOM UB) penemu alat deteksi dini penyakit skizofrenia./Istimewa
Tim gabungan mahasiswa baru angkatan 2019 dari Fakultas MIPA dan Fakultas Ilmu Komputer Universitas Brawijaya (FILKOM UB) penemu alat deteksi dini penyakit skizofrenia./Istimewa

Bisnis.com, MALANG — Mahasiswa Universitas Brawijaya menemukan alat deteksi dini penyakit skizofrenia yang dinilai murah, cepat, dan tepat.

Maos App,sebuah alat pendeteksi dini penyakit skizofrenia melalui sidik jari dengan menggunakan matematika fraktal dikerjakan tim gabungan mahasiswa baru angkatan 2019 dari Fakultas MIPA dan Fakultas Ilmu Komputer Universitas Brawijaya (FILKOM UB).

Dalam ajang International Exhibition for Young Inventor (IEYI) yang diselenggarakan oleh Japan Institute of Invention and Innovation (23-27/10/2019) itu, tim yang beranggotakan Rizka Fajriana Putri Ramadhani (Biologi/2019), Nadia Riqqah Nurlayla (Biologi/2019), dan Rahmah Nur Diana (Teknik Informatika/2019) menerima penghargaan silver medal, special award dari China, special award dari Phillipines, dan special award dari Macao.

“Dalam ajang tersebut kami mengusung karya berjudul "Maos App: A Novel Application Using Mathematic Fractal Analysis for Schizophrenia Early Detection on Fingerprint Pattern",” kata Rizka dalam keterangan resminya, Kamis (14/11/2019).

Ide dari Maos App ini berangkat dari keprihatinan atas sulitnya melakukan deteksi skizofrenia secara dini dengan murah, cepat dan tepat.

Dalam membuat aplikasi ini, Rizka dan rekan-rekannya bekerja sama dengan salah satu rumah sakit yang ada di Malang untuk mengambil sampel dari 1.000 orang secara acak.
Pengambilan sampel ini tujuannya untuk mengidentifikasi adanya keterkaitan antara sidik jari dengan penyakit skizofrenia.

Dari hasil penelitian atas sampel tersebut didapatkan hasil bahwa sidik jari antara penderita skizofrenia dan yang bukan terdapat perbedaan.

Perbedaan tersebut terhitung sangat signifikan, hingga mencapai 95-99%."Kami menggunakan matematika fraktal dalam mendeteksi sidik jari penderita skizofrenia,” katanya.

Fraktal dapat mendeteksi ketidaksamaan pola sidik jari melalui rumus box-counting. Prinsip dari rumus fraktal box-counting adalah menghitung jumlah box yang menutupi objek sidik jari kemudian dilakukan serangkaian iterasi menggunakan rumus yang sama dengan memberi ukuran box yang berbeda-beda shingga dari serangkaian deteksi sidik jari kami mendapatkan nilai akurasi diatas 80%.

Setelah melakukan deteksi sidik jari, algoritma tersebut diaplikasikan dalam bentuk aplikasi mobile. Aplikasi mobile ini diintegrasikan dengan fingerprint scanner sehingga proses deteksi sidik jari skizofrenia menjadi lebih cepat dan mudah.

"Melalui aplikasi ini, pengguna aplikasi dapat mengetahui apakah pengguna memiliki gejala skizofrenia atau normal. Aplikasi ini juga memiliki fitur untuk memberikan rekomendasi ketika pengguna terdeteksi mengalami skizofrenia," ujarnya.

Rizka mengaku tidak menyangka timnya bisa mendapatkan empat penghargaan sekaligus. Ke depan mereka berharap Maos App bisa dikomersialisasikan di Indonesia agar manfaatnya dapat dirasakan bersama.

IEYI telah diadakan sejak 2004 sebagai hasil dari pertemuan Forum Internasional Kekayaan Intelektual (IFIP) di Tokyo, Jepang pada November 2003.

Pertemuan tersebut diprakarsai oleh Institut Penemuan dan Inovasi Jepang (JIII) dengan melibatkan negara-negara dari Asia dan Afrika.

Salah satu hasil pertemuan itu adalah kesepakatan untuk menyelenggarakan Pameran Internasional bagi Penemu Muda atau IEYI sebagai bentuk dukungan bagi generasi muda dalam sains dan teknologi.

Kompetisi internasional ini diikuti sebelas negara, yakni Indonesia, Jepang, Macau, Malaysia, Philipina, Rusia, Singapura, Taiwan, Thailand, Tiongkok, dan Vietnam.
Tahun ini bahkan terdapat lebih dari 4.000 proposal inovasi teknologi yang masuk dan terpilih 300 invovasi yang dipamerkan dan dihadiri pengunjung, mulai dari peneliti, kalangan akademisi, instansi pemerintahan terkait, hingga investor. (k24)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Choirul Anam
Editor : Miftahul Ulum
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper