Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

XL Axiata dorong UKM Perempuan di Jatim Makin Produktif

PT XL Axiata Tb atau XL Axiata mendorong usaha kecil mikro (UKM) di Jatim makin produktif dan berkembang lewat berbagai pelatihan baik secara off line dan online.
Pelatihan Pemanfaatan Teknologi Digital Bagi UKM Perempuan di Jatim  yang diselenggarakan XL bekerja sama dengan BCC Malang di Malang, Rabu (28/8/2019). Istimewa
Pelatihan Pemanfaatan Teknologi Digital Bagi UKM Perempuan di Jatim yang diselenggarakan XL bekerja sama dengan BCC Malang di Malang, Rabu (28/8/2019). Istimewa

Bisnis.com, MALANG— PT XL Axiata Tb atau XL Axiata mendorong usaha kecil mikro (UKM) di Jatim makin produktif dan berkembang lewat berbagai pelatihan baik secara off line dan online.

Sisternet Partnership Management PT XL Axiata Astri Mertiana mengatakan contoh pelatihan yang diberikan operator seluler tersebut kepada UKM Perempuan di Jatim, yakni memanfaatkan media sosial sebagai sarana yang efektif untuk pemasaran produk. UKM didorong untuk Go Digital.

“Karena itulah, pelaku UKM harus benar-benar mengerti strategi yang tepat untuk memasarkan produk lewat media sosial,” ujarnya dalam keterangan resminya, Kamis (29/8/2019).

Selain pelatihan strategi pemasaran secara daring, kata dia, ke depan mereka diberikan pelatihan mengenai bagaimana mengelola keuangan  dengan baik. Terutama dari aspek pembukuannya.

Dengan pembukuan yang benar, maka akan diketahui dengan baik mengenai feasibility UKM. Jika dianggap potensial oleh lembaga jasa keuangan, maka peluang untuk memperoleh pembiayaan dari lembaga tersebut terbuka lebar sehingga UKM juga dapat berkembang.

Selain, pihaknya juga akan memberikan pelatihan mengenai aspek produksinya. “Kami terus memperbaiki format pelatihan, baik off line maupun online. Ke depan, juga kami latih cara mengelola dan menyusun laporan keuangan yang baik, juga perbaikan produknya dari sisi konten maupun packaging-nya,” katanya.

 Menggandeng Bloggercrony Community (BCC) Malang, XL melatih  UKM perempuan di Jatim untuk dapat memanfaatkan pemasaran lewat daring lewat pelatihan, di Malang, Rabu (28/8/2019).

Group Head XL Axiata East Region, Mochamad Imam Mualim mengatakan  pelatihan pada kesempatan tersebut terkait pemanfaatan teknologi digital untuk kalangan perempuan Jatim lewat program “Sister UKM Go Online”.

“Pelatihan ini mengajarkan kaum perempuan bagaimana memanfaatkan secara maksimal teknologi dan sarana digital untuk memacu produktifitas usaha kecil menengah,” katanya.

Pelatihan menyasar perempuan karena  banyak UKM yang dimotori mereka. Mereka perlu dilatih karena banyak yang tidak paham bagaimana memanfaatkan sarana digital yang ada untuk meningkatkan produktivitasnya. 

“Karena itulah, sesuai dengan bidang yang kami kuasai, Sisternet dan BCC Malang ingin sekali membantu teman-teman perempuan pemilik bisnis kecil menengah dengan mengajari mereka menggunakan berbagai sarana digital,”ucapnya. 

Sejak diperkenalkan pada 2015, Sisternet terus berupaya untuk menjadi pelopor dalam menginisiasi solusi bagi banyak permasalahan sosial yang berkaitan dengan pemberdayaan wanita Indonesia.

Salah satunya adalah pemanfaatan teknologi dalam kehidupan sehari-hari untuk menjembatani kesenjangan digital yang dianggap dapat menjadi akses bagi para perempuan Indonesia untuk berkembang.

XL Axiata juga menyediakan Modul Pintar Sisternet yang berisikan informasi, edukasi dalam bentuk konten video untuk Perempuan Indonesia. Modul Pintar Sisternet memang dibuat sesuai dengan kebutuhan perempuan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Choirul Anam
Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper