PG Krebet Baru Ajak Warga Malang Raya Lebih Mengenal Minuman Sari Tebu

Minuman sari tebu yang disajikan di Kedai Tebu tersebut sebenarnya merupakan hasil penelitian Tim Riset PG Krebet Baru yang sudah dilakukan sejak tahun 2013
Administrator
Administrator - Bisnis.com 19 Agustus 2019  |  06:59 WIB
PG Krebet Baru Ajak Warga Malang Raya Lebih Mengenal Minuman Sari Tebu
Kedai Tebu di area foodcourt lantai 1 Mall Malang Town Square.

Bisnis.com, MALANG — Bersamaan dengan momen peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-74 tanggal 17 Agustus 2019 kemarin, Pabrik Gula (PG) Krebet Baru, Kab. Malang, Jatim, melakukan gebrakan baru dengan melakukan grand opening Kedai Tebu. Berlokasi di area foodcourt lantai 1 Mall Malang Town Square, Kedai Tebu menyajikan aneka pilihan menu minuman sari tebu yang disajikan secara higienis dan kekinian.

Kepala Bagian Quality Control PG Krebet Baru Arief Nursusanto mengatakan bahwa minuman sari tebu yang disajikan di Kedai Tebu tersebut sebenarnya merupakan hasil penelitian Tim Riset PG Krebet Baru yang sudah dilakukan sejak tahun 2013.  “Sebelum diproduksi, kami melakukan riset terlebih dulu,” ujarnya di sela-sela acara grand opening Kedai Tebu.

“Riset yang kami lakukan meliputi pemilihan varietas tebu sebagai bahan baku tunggal dalam proses produksinya, pemilihan jenis proses sterilisasi yang tepat untuk menjaga keseimbangan antara lama daya simpan dan terjaganya kandungan nutrisi, hingga pemilihan jenis kemasan yang dapat memberikan kemudahan bagi masyarakat luas untuk bisa menikmati segarnya minuman sari tebu dimana saja dan kapan saja.”

Setelah melalui proses riset produksi yang cukup panjang, minuman ini mulai diperkenalkan untuk dapat dikonsumsi sejak tahun 2015 meskipun peruntukannya masih terbatas dalam kegiatan internal PG Krebet Baru dan Kantor Direksi PT PG Rajawali I Surabaya, hingga sebagai sajian rapat pada Perusahaan Holding PT RNI dan bahkan di Kementerian BUMN Jakarta.

Mendapatkan respons yang sangat positif dari mereka yang telah meminum sari tebu tersebut, dimana secara umum merasa senang dengan rasa manisnya yang “pas” dan sensasi segar alami yang didapat dari minuman tersebut, maka mulai tahun ini perusahaan memutuskan untuk memasarkan minuman ini kepada konsumen yang lebih luas.

Dipilihnya pusat perbelanjaan sebagai tempat penjualan minuman sari tebu, tidak lepas dari harapan agar lebih banyak masyarakat banyak mengetahui tentang produk sari tebu dan mencoba mengkonsumsinya.

“Target awal kami adalah memberikan pengalaman pertama yang berkesan bagi masyarakat yang belum pernah mengkonsumsi sari tebu, serta untuk memberikan edukasi lebih kepada konsumen bahwa sebenarnya banyak sekali manfaat yang bisa didapat dengan mengkonsumsi sari tebu karena mengandung nutrisi penting seperti karbohidrat, protein, dan mineral yang meliputi fosfor, kalsium, zat besi, zinc, dan kalium. Sari tebu juga mengandung serat, vitamin dan antioksidan,” ujar Arief.

“Untuk mendukung tujuan tersebut, selama masa promosi Kedai Tebu memberikan 500 cup minuman sari tebu gratis bagi calon konsumen yang beruntung. Selain itu kami juga membuka peluang bagi pelaku bisnis di sektor Hotel, Restaurant, dan Cafe yang berminat untuk bekerjasama menjadikan produk sari tebu sebagai menu tambahan ataupun sebagai pemanis alternatif yang lebih sehat.”

Harapan lebih jauh, mengingat tanaman tebu merupakan komoditi perkebunan yang sangat besar di Kabupaten Malang, minuman sari tebu ini dapat menjadi salah satu tambahan alternatif produk kuliner khas Malang yang dapat mendukung sektor pariwisata di Malang Raya. Untuk itu Tim Riset PG Krebet Baru masih terus melanjutkan penelitian terutama pada hal tahapan sterilisasi yang dapat menghasilkan produk sari tebu yang memiliki daya simpan lebih lama pada suhu ruang sehingga nantinya produk ini mampu membawa nama Kabupaten Malang menembus pasar lebih luas di luar Malang Raya.

Di akhir wawancara, mewakili manajemen PG Krebet Baru, Arief menyampaikan pesan kepada seluruh lapisan masyarakat agar tetap menjaga pertumbuhan luas areal tanaman tebu di Malang Raya sehingga anak cucu kita kelak masih dapat menikmati kesegaran dan nikmatnya minuman sari tebu.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
tebu

Editor : Miftahul Ulum

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top
Tutup