Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Konsumsi Gasoline di Jatim diprediksi Naik 6% jelang Akhir Tahun

Konsumsi produk gasoline di Jatim diprediksi naik 6%, sedangkan produk gasoil justru turun 6% menjelang Natal dan Tahun Baru.
Petugas melayani pembelian produk gasoline non subsidi Pertalite di SPBU Surabaya, Jawa Timur, Jumat (24/7)./Antara
Petugas melayani pembelian produk gasoline non subsidi Pertalite di SPBU Surabaya, Jawa Timur, Jumat (24/7)./Antara

Bisnis.com, MALANG--Konsumsi produk gasoline di Jatim diprediksi naik 6%, sedangkan produk gasoil justru turun 6%  menjelang Natal dan Tahun Baru.

General Manager Pertamina Marketing Operation Region V Ibnu Chouldum mengatakan   produk gasoline seperti premium, pertalite, pertamax, pertamax turbo, sementara produk gasoil seperti solar, dexlite serta Pertamina dex.

"Puncak konsumsi BBM diprediksi akan terjadi pada 22 Desember 2018," katanya dalam keterangan resminya, Rabu (19/12/2018).

Menyambut Hari Raya Natal dan Tahun Baru 2019, kata dia,  Pertamina Marketing Operation Region (MOR) V mempersiapkan strategi penyaluran yang optimal guna memenuhi kebutuhan masyarakat pada BBM dan LPG pada saat Natal dan Tahun Baru.

Guna mendukung kelancaran penyaluran selama momen hari raya tersebut, Pertamina telah membentuk tim Satuan Tugas (Satgas) yang bertugas sejak 18 Desember 2018 hingga 8 Januari 2019.

Tim Satgas ini akan berperan khusus dalam memantau dan mengkordinasikan penyaluran BBM dan LPG mulai dari penguatan stok, kelancaran distribusi di jalan raya hingga pemantauan kondisi di lapangan, sehingga ketersediaan BBM dan LPG di masyarakat dapat terus terpenuhi

Untuk memberi kenyamanan para pengendara yang melalui jalur tol, ujar Ibnu, Pertamina juga akan menyiapkan 7 Kios-K BBK di jalur tol sepanjang Surabaya - Ngawi.

Untuk penyaluran LPG Bersubsidi (3 KG) di wilayah Jawa Timur berada dalam kondisi normal dengan rata-rata konsumsi bulanan untuk LPG 3 KG yaitu sebesar 94.680 Metric Ton (MT)/ bulan.

Pertamina memprediksi konsumsi LPG 3 KG akan mengalami kenaikan pada  Desember 2018 dengan estimasi angka mencapai 105.095 MT atau naik sebesar 11 % dari konsumsi normal bulanan.

Penyaluran LPG nonsubsidi (Bright Gas 5.5 KG dan LPG 12 KG) di wilayah Jawa Timur, dia klaim,  berada dalam kondisi normal dengan rata-rata konsumsi bulanan sebesar 6.310 MT/bulan.

Sementara itu Pertamina memprediksi konsumsi LPG nonsubsidi akan mengalami kenaikan pada  Desember 2018 khususnya menjelang Natal dan Tahun Baru 2019 dengan estimasi angka mencapai 6.860 MT atau naik sebesar 9% dari konsumsi normal bulanan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Choirul Anam
Editor : Rustam Agus

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper