Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

BNI Dukung Percepatan Pemkab Malang Jadi Smart City

BNI mendukung percepatan Pemkab Malang menjadi Smart City dengan Penyediaan dan Penggunaan Layanan Jasa Perbankan serta pembayaran pajak khususnya Pajak Bumi & Bangunan melalui layanan e-Channel (e-PBB).
CEO BNI Wilayah Malang Wiwi Suprihatno (kiri) didampingi Plt Bupati Malang M. Sanusi menandatangani Perjanjian Nota Kesepahaman (MoU) tentang Penyediaan dan Penggunaan Layanan Jasa Perbankan serta pembayaran pajak khususnya Pajak Bumi & Bangunan melalui layanan e-Channel (e-PBB) dengan Pemkab Malang di Malang, Selasa (18/12/2018)/Istimewa
CEO BNI Wilayah Malang Wiwi Suprihatno (kiri) didampingi Plt Bupati Malang M. Sanusi menandatangani Perjanjian Nota Kesepahaman (MoU) tentang Penyediaan dan Penggunaan Layanan Jasa Perbankan serta pembayaran pajak khususnya Pajak Bumi & Bangunan melalui layanan e-Channel (e-PBB) dengan Pemkab Malang di Malang, Selasa (18/12/2018)/Istimewa

Bisnis.com, MALANG--PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI mendukung percepatan Pemkab Malang menjadi Smart City dengan Penyediaan dan Penggunaan Layanan Jasa Perbankan serta pembayaran pajak khususnya Pajak Bumi & Bangunan melalui layanan e-Channel (e-PBB).

Kerja sama BNI dengan Pemerintah Kabupaten Malang itu ditandai dengan penandatanganan Perjanjian Nota Kesepahaman (MoU) tentang Penyediaan dan Penggunaan Layanan Jasa Perbankan serta pembayaran pajak khususnya Pajak Bumi & Bangunan melalui layanan e-Channel (e-PBB) di Malang, Selasa (18/12/2018).

CEO BNI Wilayah Malang Wiwi Suprihatno mengatakan layanan ini menjadi salah satu bentuk dukungan BNI dalam penerapan program Gerakan Menuju 100 Smart City melalui elektronifikasi transaksi keuangan dimana Pemerintah Kabupaten Malang menjadi Smart City berikutnya.

"BNI siap mendukung pemerintah kota/kabupaten dengan memberikan kemudahan layanan dan solusi transaksi non tunai (cashless), jaringan dan channel BNI yang luas, serta solusi pengelolaan untuk belanja dan penerimaan pendapatan daerah," katanya.

BNI Smart City, kata dia,  merupakan salah satu konsep pengembangan perkotaan berbasis teknologi digital atau informasi dan komunikasi (TIK) untuk meningkatkan kualitas dan kinerja pelayanan perkotaan, mengurangi biaya dan konsumsi sumber daya, dan untuk terlibat lebih efektif dan aktif dengan warganya. 

Dengan layanan BNI Smart City ini akan mewujudkan layanan perbankan unggulan berbasis digital dan infrastruktur yang handal serta dukungan berbagai  jaringan dan channel, BNI juga berkomitmen untuk memberikan solusi  bagi Pemda dalam mewujudkan kota cerdas atau smart city.

“BNI Smart City yang kami kembangkan memberikan kemudahan bagi pemerintah daerah dalam mewujudkan transparansi publik melalui sistem elektronik dalam kegiatan pemerintahan,serta memudahkan dalam efisiensi pengelolaan sistem pemerintahan," ucapnya.

BNI berusaha menjadi banking partner Pemerintah Kota/Kabupaten di seluruh Indonesia. Kerja sama ini juga dapat menjadi langkah strategis untuk menjadikan BNI sebagai “one stop banking solution” dan bank pilihan utama bagi pemerintah daerah khususnya Pemkab Malang dan Pemkot/Pemkab di seluruh Indonesia. Cross selling atas semua produk BNI secara menyeluruh merupakan salah satu solusi untuk memberikan layanan yang terbaik dan memenuhi semua kebutuhan nasabah terhadap perbankan.

Solusi yang dapat BNI berikan bagi pemerintah kota/kabupaten a.l Solusi Pembayaran/Belanja Daerah dengan menggunakan Internet Banking Corporate atau BNIDirect, SP2D Online, dan Virtual Account Debit.

Solusi Penerimaan sebagai bentuk kerjasama BNI dengan Pemerintah Daerah di banyak kota di seluruh Indonesia dalam mendukung program Gerakan Menuju 100 Smart City a.l e-PBB, e-PDAM, e-PAD, e-Samsat, dan e-Retribusi Pasar serta BNI Marketplace Pemda yang membantu pemerintah kota/kabupaten dalam mempromosikan pariwisata daerah dan produk-produk UMKM dan memasarkan secara online, dan penyediaan uang elektronik (BNI Tapcash & YAP) bagi masyarakat dan pemerintah daerah untuk meningkatkan transaksi non tunai.

Sistem pembayaran yang digunakan dalam e-PBB adalah sistem yang terintegrasi secara 'Host to host' antara server BNI dengan Pemerintah Kabupaten Malang, sehingga membantu Pemkab dalam memantau dan menerima laporan PBB ini secara “On time” dan “Real time”, serta memudahkan masyarakan Kabupaten Malang ataupun investor yang akan masuk ke Kabupaten Malang dalam melakukan pembayaran kewajiban.

Jumlah e-PBB yang sudah live di Wilayah Malang saat ini adalah Batu, Blitar, Banyuwangi dan Kediri. Jumlah ePDAM di Wilayah Malang adalah sebanyak 13 kota/ kabupaten.

Sedangkan Layanan Smart City BNI lainnya di seluruh Indonesia a.l e-PBB sudah live di 24 kota dan 5 kota on progres, juga terdapat lebih dari 35 kota/ kabupaten  untuk ePDAM,  eSamsat  yang sudah live sebanyak 4 kota dan 5 kota on progress, ePajak Daerah 5 kota sudah live dan 1 kota on progress, eRetribusi Pasar 4 kota sudah live dan  2 kota on progress, dan juga Marketplace Pemda sudah live di lebih dari 11 kota/kabupaten.

Dengan berbagai kemudahan yang disiapkan BNI melalui layanan BNI Smart City tersebut sinergi BNI dengan Pemerintah Daerah, dia menegaskan, akan memberikan banyak manfaat bagi semua pihak dan masyarakat untuk bertransaksi dengan cara lebih cerdas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Choirul Anam
Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper