Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Pemkot Malang Segera Segel 20 Ritel Modern Tak Berizin

Pemerintah Kota Malang, Jawa Timur, segera melakukan penertiban baik berupa penyegelan maupun penutupan toko-toko ritel modern yang terbukti beroperasi meskipun belum mengantongi izin resmi dari pemerintah.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 15 Oktober 2018  |  18:40 WIB
Pemkot Malang Segera Segel 20 Ritel Modern Tak Berizin
Ilustrasi. - Antara/Sigid Kurniawan

Bisnis.com, MALANG – Pemerintah Kota Malang, Jawa Timur, segera melakukan penertiban baik berupa penyegelan maupun penutupan toko-toko ritel modern yang terbukti beroperasi meskipun belum mengantongi izin resmi dari pemerintah.

Kepala Satuan Polisi Pamong Praja Kota Malang Priyadi di Malang, Senin (15/10/2018), mengatakan, pihaknya sudah mengantongi kurang lebih sebanyak 20 nama toko-toko ritel modern yang beroperasi tanpa izin. Dari angka tersebut, diperkirakan bisa bertambah.

"Toko modern akan kami tertibkan. Saya akan minta dari dinas perizinan nama-nama toko yang belum memiliki izin," kata Priyadi ditemui di gedung Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Malang.

Menurut Priyadi, saat ini pihaknya terus berupaya untuk memberikan pembinaan terhadap toko-toko ritel modern yang telah diketahui melangggar aturan tersebut. Pihaknya menegaskan, selama belum ada izin yang dikeluarkan oleh Dinas Penanaman Modal dan Perizinan Terpadu Kota Malang, maka hendaknya ritel modern tersebut tidak dibuka.

Berdasarkan Peraturan Menteri Perdagangan Nomor 70/M-DAG/PER12/2013, pelaku usaha yang melakukan kegiatan usaha di bidang toko modern wajib memiliki izin usaha sebagai legalitas.

Izin usaha tersebut meliputi Izin Usaha Toko Modern (IUTM), di mana kewenangan untuk memberikan izin tersebut berada pada Menteri Perdagangan yang dilimpahkan pada Gubernur untuk Pemerintah Provinsi Daerah, dan Bupati atau Wali Kota.

"Toko modern yang jaraknya terlalu dekat harusnya tidak boleh, baik terlalu dekat dengan pasar tradisional termasuk toko modern lainnya. Paling banyak pelanggaran di Kecamatan Klojen. Kami harus sesuai instruksi dari wali kota, tidak bisa bergerak sendiri," kata Priyadi.

Beberapa waktu lalu, Wali Kota Malang Sutiaji menutup toko ritel modern yang berlokasi di wilayah RT 05 RW 06 kelurahan Blimbing, Kota Malang, yang ditengarai tidak memiliki izin usaha dan keberadaan toko tersebut dikeluhkan warga.

Toko ritel modern yang berlokasi di Jalan A. Yani Kota Malang tersebut tidak memiliki izin usaha, dan menimbulkan keresahan warga sekitar sesuai dengan laporan warga yang telah masuk melalui Kelurahan Blimbing beberapa waktu sebelumnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

toko modern malang

Sumber : Antara

Editor : Miftahul Ulum

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

back to top To top