Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Harga Kacang Hijau di Madiun Anjlok Saat Panen Tiba

Harga kacang hijau di Madiun yang semula bisa Rp13.000/kilogram saat panen raya turun menjadi Rp10.500/kilogram.
Abdul Jalil
Abdul Jalil - Bisnis.com 25 September 2018  |  12:51 WIB
Petani memanen kacang hijau di Madiun. - JIBI
Petani memanen kacang hijau di Madiun. - JIBI

Bisnis.com, MADIUN – Harga kacang hijau di Madiun yang semula bisa Rp13.000/kilogram saat panen raya turun menjadi Rp10.500/kilogram.

Pantauan Jaringan Informasi Bisnis Indonesia (JIBI) di areal persawahan di Desa Buduran, Kecamatan Wonoasri, Kabupaten Madiun, Selasa (25/9/2018) pagi, sejumlah buruh tani memanen kacang hijau dan memasukkannya ke dalam karung.

Ketua kelompok tani Desa Buduran, Suyono, 54, mengatakan harga jual kacang hijau saat ini hanya Rp10.500/kg. Padahal sebelumnya harga kacang hijau bisa mencapai Rp13.000/kg.

Harga jual kacang hijau ini turun sejak panen raya beberapa pekan lalu. Musim panen kacang hijau tahap pertama dimulai dua pekan lalu, kemudian panen tahap kedua baru pekan ini.

"Ini panen tahap kedua. Panen tahap pertama sudah dua pekan lalu," jelasnya..

Suyono menyampaikan hasil tanam pada musim ini cukup baik. Lahan miliknya seluas 1 hektare menghasilkan 7 sampai 8 ton pada tahap pertama. Namun, biasanya hasil panen pada tahap kedua menurun dibandingkan tahap pertama.

"Saya ada dua hektare lahan yang ditanami kacang hijau," ujarnya.

Ia mengakui hasil panen kacang hijau tahun ini cukup bagus. Namun, keuntungan yang didapatkan petani sangat tipis mengingat harga jual rendah dan ongkos selama tanam tinggi.

Lebih lanjut, petani asal Madiun ini berharap supaya pemerintah bisa menstabilkan harga jual kacang hijau. Sehingga saat masa panen, petani bisa merasakan jerih payah dengan harga jualnya stabil.

"Pupuknya enggak disubsidi tidak apa-apa, asalkan pemerintah menjamin harga jual dari petani," kata dia.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

madiun komoditas pertanian

Sumber : JIBI/Solopos

Editor : Miftahul Ulum
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top