Revitalisasi PG Assembagoes Capai 96,5%

PTPN XI menyatakan progres revitalisasi Pabrik Gula (PG) Assembagoes Situbondo sudah mencapai 96,5% dan dipastikan bakal segera beroperasi.
Peni Widarti | 10 Juli 2018 00:28 WIB
Menteri BUMN Rini Soemarno (depan ketiga kanan) ketika mengunjungi PG Assembagioes akhir tahun lalu. - Antara/Seno

Bisnis.com, SURABAYA – PT Perkebunan Nusantara (PTPN) XI menyatakan progres revitalisasi Pabrik Gula (PG) Assembagoes di Situbondo, Jawa Timur, sudah mencapai 96,5% dan dipastikan bakal segera beroperasi.

Direktur Utama PTPN XI Gede Meivera mengatakan revitalisasi PG Assembagoes terus dalam tahap penyempurnaan sehingga diperkirakan akhir bulkan ini bisa beroperasi.

“Dalam hal ini kami berupaya agar semua petani tebu terlayani dengan baik, dan mendapatkan hasil gula yang terbaik,” ungkapnya kepada Bisnis pada Senin (9/7/2018).

Adapun pada musim giling tahun ini, PTPN XI menargetkan bisa menggiling tebu 5 juta ton yang mampu menghasilkan 410.383 ton gula.

Jumlah tersebut meningkat dibandingkan tahun lalu yang hanya sekitar 4,2 juta ton tebu dengan produksi gula 312.589 ton dan mampu memperoleh laba Rp31,4 miliar.

Untuk memenuhi kebutuhan PG, PTPN XI telah berupaya memperluas lahan tanam tebu melalui kerja sama dengan petani, Koperasi Agro Tani dan pemerintah daerah. Salah satu yang sudah dilakukan yakni pengembangan lahan hingga di Buleleng, Bali.

Dari 3.000 ha lahan di Buleleng yang sudah siap, sudah 48,5 ha yang sudah ditanami tebu dan diharapkan sampai akhir tahun bisa areal ditanami tebu mencapai 1.200 ha.

Tag : pabrik gula
Editor : M. Syahran W. Lubis

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top