Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Survei Pengguna Internet, Ada Pergeseran Perilaku Konsumen

Survei Penetrasi dan Perilaku Pengguna Internet Indonesia 2017 mengungkapkan komposisi pengguna internet di Indonesia didominasi oleh milenial.

Bisnis.com, JAKARTA—Survei Penetrasi dan Perilaku Pengguna Internet Indonesia 2017 mengungkapkan komposisi pengguna internet di Indonesia didominasi oleh milenial.

Berdasarkan survei yang dikeluarkan Asosiasi Penyedia Jaringan Internet Indonesia (APJII) ini mayoritas pengguna intenet di Indonesia adalah kelompok usia 19-34 tahun (49,52%).

Kemudian berturut-turut usia 35-54 tahun (29,55%), usia 13-18 tahun (16,68%), dan usia di atas 54 tahun (4,24%).

Hasil tersebut berbeda dengan survei tahun sebelumnya yang lebih dikuasai oleh kelompok usia 35-44 tahun yang mencapai 29,2% sementara usia 25-34 tahun hanya 24,4% dan 10-24 tahun sebanyak 18.04%.

Selain itu, survei yang sama juga menyebutkan layanan chatting dan sosial media merupakan yang paling banyak diakses oleh pengguna internet Indonesia, masing-masing sebanyak 89,35% dan 87,13%.

Sekarang ini milenial menjadi salah satu sasaran utama pelaku di industri internet, termasuk aplikasi pesan instan dan vendor ponsel pintar.

Mark Trundle, Country Manager Indonesia dan ANZ HMD Global, mengatakan keberadaan milenial jadi patokan yang amat penting untuk strategi bisnisnya ke depan.

“Tentu kami juga sadar akan peranan milenial, maka dari itu kesadaran tersebut kami tuangkan dalam produk kami yang didesain berdasarkan karakter mereka,” ujarnya beberapa waktu lalu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Miftahul Ulum
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper