Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

PILKADA KOTA MALANG, 48% Pemilih Generasi Milineal

Sebanyak 48 persen dari sekitar 660 ribu pemilih dalam Pemilihan Kepala Daerah Kota Malang yang digelar serentak pada 27 Juni mendatang adalah generasi now (milenial).
Ilustrasi/Antara
Ilustrasi/Antara

Bisnis.com, MALANG—Sebanyak 48 persen dari sekitar 660 ribu pemilih dalam Pemilihan Kepala Daerah Kota Malang yang digelar serentak pada 27 Juni mendatang adalah generasi "now" (milenial).

"Kalau parameternya adalah generasi, calon pemilih dalam Pilkada Kota Malang Juni nanti 48 persen adalah generasi milenial, generasi 'old' masih tetap mendominasi, yakni lebih dari 50 persen dan selebihnya adalah pemilih disabilitas," kata Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Malang Zaenuddin di Malang, Jawa Timur, Selasa (6/2/2018).

Berdasarkan kelompok umur, katanya, 7,5 persen pemilih berusia 17 tahun pada Juni 2018, 27 persen calon pemilih belum menikah, 62 persen lain sudah pernah kawin, sedangkan 9,51 persen atau sekitar 95 ribu jiwa berstatus janda atau duda.

"Data ini masih bersifat sementara karena coklit (pencocokan dan penelitian) masih berlangsung. Namun, dari data itu, kami targetkan partisipasi pemilih yang menyalurkan hak politiknya minimal 70 persen dari daftar pemilih tetap (DPT)," ujarnya.

Ia berharap, generasi muda lebih banyak berperan dalam menyukseskan Pilkada Kota Malang, termasuk terlibat dalam sistem pemilihan, seperti menjadi relawan atau memantau proses pelaksanaan pilkada.

Ia mengatakan pilkada bukan hanya sekadar ritual, tetapi bagaimana generasi muda berani masuk dalam sistem agar ada perubahan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : News Writer
Editor : Miftahul Ulum
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper