Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Awasi Risiko 1.000 Hari Pertama Kehidupan Anak Bayi

Wali Kota Malang Mochamad Anton menekankan pentingnya Program 1.000 Hari Pertama Kehidupan (HPK) bagi anak usia dini karena asupan gizi akan menentukan tumbuh kembang mereka kelak.
Ilustrasi./Hallmark.com
Ilustrasi./Hallmark.com

Bisnis.com, MALANG—Wali Kota Malang Mochamad Anton menekankan pentingnya Program 1.000 Hari Pertama Kehidupan (HPK) bagi anak usia dini karena asupan gizi akan menentukan tumbuh kembang mereka kelak.

“Upaya mencetak generasi bangsa yang sehat dan cerdas adalah dengan pemenuhan gizi pada anak usia dini bahkan sejak dalam kandungan atau yang lebih dikenal dengan program 1.000 HPK,” katanya saat membuka Seminar dan Konseling Gizi bertajuk "Mewujudkan Kemandirian Keuarga dalam 1000 HPK untuk Pencegahan Stunting, di Malang, Senin (29/1/2018).

Dia menjelaskan 1.000 HPK dimulai sejak dari fase kehamilan yakni selama 270 hari hingga anak berusia 2 tahun atau 730 hari. Seribu hari pertama kehidupan adalah saat yang terpenting dalam hidup seseorang sehingga harus diperhatikan benar-benar.

Berdasarkan para ahli pada masa tersebutn fungsi makanan selama masa kehamilan dapat mempengaruhi fungsi memori, konsentrasi, pengambilan keputusan, intelektual, mood, dan emosi seorang anak di kemudian hari.

"Setelah bayi lahir pun juga tetap harus diperhatikan kebutuhan gizinya karena sebagian organ masih terus berkembang hingga usia 2 tahun," ujarnya.

Karenanya, upaya pemenuhan gizi pada anak di 1000 hari pertama kehidupan menjadi sangat penting karena jika tidak terpenuhi asupan nutrisinya, dampak perkembangan pada anak akan permanen.

"Inilah yang menimbulkan masalah jangka panjang. Mereka yang mengalami kekurangan gizi pada 1.000 hari pertama kehidupan, mempunyai beberapa risiko," tukasnya.

Sedikitnya ada beberapa risiko jika anak mengalami kekurangan gizi a.l risiko penyakit menular, mengalami hambatan pertumbuhan kognitif, hingga gangguan pertumbuhan tinggi badan, dimana keadaan ini tidak hanya bersifat antar-generasitetapi bersifat trans generasi.

Pada konteks itulah, pemenuhan gizi pada 1.000 hari pertama kehidupan menjadi hal yang sangat fundamental bagi terciptanya keluarga dan masyarakat yang sehat.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Choirul Anam
Editor : Miftahul Ulum
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper