Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pemkot Malang Lobi PT Matahari Bangun Pasar Besar

Pemkot Malang melobi PT Matahari Department Store Tbk selain ke pemerintah untuk membangun Pasar Besar setelah terbakar dua kali, yakni pada 18 Oktober 2017 dan 26 Mei 2016.
Ilustrasi./JIBI
Ilustrasi./JIBI

Bisnis.com, MALANG—Pemkot Malang melobi PT Matahari Department Store Tbk selain ke pemerintah untuk membangun Pasar Besar setelah terbakar dua kali, yakni pada 18 Oktober 2017 dan 26 Mei 2016.

Kepala Dinas Perdagangan Kota Malang Wahyu Setianto mengatakan dengan kebakaran terakhir, maka space untuk Matahari Department Store tidak lagi bisa digunakan sehingga harus pindah.

“Padahal Matahari masih mempunyai hak menempati hingga 2034,” ujarnya di Malang, Selasa (16/1/2018).

Matahari, kata dia, berkepentingan untuk tetap bertahan di Pasar Besar karena omzetnya di sana sangat bagus. Berbeda di tempat yang sekarang, omzetnya relatif lebih rendah.

Dari sisi pedagang tradisional, keberadaan Matahari juga cukup positif. Adanya department store justru berhasil mengangkat omzet mereka karena pengunjung Matahari biasanya juga tertarik untuk membeli beberapa kebutuhannya di Pasar Besar.

Terlebih lagi, kondisi pasar juga memang perlu perbaikan. Saat hujan, kondisinya becek sehingga perlu penataan lebih bagus.

Jika nanti Matahari menyetujui untuk membangun Pasar Besar pascakebakaran, maka akan penilaian dari tim ahli terkait kondisi bangunan.

Dari pengujian tim ahli tersebut, maka bisa bisa dijadikan pijakan bagi Matahari untuk membangun kembali Pasar Besar jika menyetujui usulan dari Pemkot Malang.

Yang jelas, nantinya ada negosiasi ulang terkait masa pemanfaatan sebagian space Pasar Besar untuk Matahari Department Store. Tentunya, Matahari akan meminta masa konsesi pengelolaan sebagian space Pasar Besar lebih panjang. “Itu wajar saja,” ucapnya.

Karena masih dalam masa pendekatan, masih belum jelas masa konsesi yang diminta Matahari jika setuju membangun Pasar Besar menjadi lebih baik. Begitu juga nilai investasi yang dibutuhkan untuk membangun kembali pasar yang berlokasi di Jl Pasar Besar itu.

“Karena itu pula, masih belum jelas kapan pasar tersebut akan dibangun kembali menjadi lebih baik,” ujarnya.

Selain melobi Matahari, kata dia, Pemkot Malang melobi pemerintah, yakni Kementerian Perdagangan, untuk mendanai pembangunan kembali Pasar Besar.

Berapa kebutuhan dana, masih belum ditetapkan karena akan dibahas bersamaan dengan pihaknya menyampaikan presentasi ke Kementerian Perdagangan.

Yang jelas, saat Pasar Besar dibangun maka pedagang akan dipindah ke lokasi penampungan, sampai pasar tersebut selesai dibangun dan dinyatakan layak dan aman untuk dihuni.

Rencana pembangunan Pasar Besar, tampaknya juga terdengar pedagang di sana. Mereka gelisah karena khawatir tergusur, tidak lagi bisa lagi berdagang di pasar tersebut jika Pasar Besar dibangun.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Choirul Anam
Editor : Miftahul Ulum
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper