Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

UMM Kampanyekan Kelestarian Alam Lewat Pelepasliaran Ribuan Burung

Keterangan foto: Kemeriahan pembukaan Pesmaba UMM, Selasa (10/9/2024). Istimewa
Penangkaran burung jalakbali/Antara
Penangkaran burung jalakbali/Antara

Bisnis.com, MALANG—Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) mendorong dan mengkampanyekan untuk menjaga ekosistem dan pelestarian alam dengan pelpasliaran ribuan burung perkutut lokal pada pembuka gelaran Pengenalan Studi Mahasiswa Baru (Pesmaba) kampus tersebut, Selasa (10/9/2024).

Kepala Infokom UMM, Suyatno,  menjelaskan pelepasan burung itu menjadi  salah satu bentuk komitmen UMM untuk menjaga ekosistem dan pelestarian lingkungan. Utamanya dalam rangka menyukseskan misi penyelamatan bumi. Burung-burung ini dilepaskan dan bebas hidup di alam kemudian menciptakan harmoni dan lingkungan yang asri, indah, dan nyaman.

“Sebelum dilepaskan, burung-burung tersebut sudah dipantau langsung oleh Kelompok Studi Satwa Liar (KSSL) Kehutanan UMM. Mulai dari aspek makan dan keperluan lainnya sampai mereka bisa hidup secara mandiri di lingkungan kampus,” ungkapnya.

Sedangkan maskot SWANUMM,  simbol dari atmosfer prestasi dan keindahan kampus, yakni mendorong kehidupan yang mampu berdampingan dengan alam dan pelestarian satwa endemik. Ini juga sekaligus menjadi komitmen UMM untuk terus menjaga dan melestarikan bumi sesuai dengan nilai-nilai sustainable development goals (SDGs).

Rektor UMM Prof. Nazaruddin Malik,menegaskan Pesmaba tahun mengkampanyekan penyelamatan bumi, berangkat dari realita bahwa banyak sumber daya alam mengalami penurunan kualitas. Maka, masyarakat harus mengambil tindakan cepat dan tepat. Khususnya para akademisi dan anak-anak muda yang harus disiapkan menjadi generasi penyelamat bumi. 

“Gen-24 ini memang kami proyeksikan sebagai generasi digital yang dapat berkontribusi secara signifikan dalam upaya penyelamatan bumi. Melalui pemanfaatan teknologi yang cerdas, kreativitas, dan semangat kolaboratif, generasi ini diharapkan dapat menjadi motor penggerak dalam mewujudkan masa depan yang lebih hijau dan berkelanjutan,” ungkapnya.

Nazar sapaan akrabnya berharap bahwa ke depan Gen 24 ini dapat menjadi insan akademis yang kreatif serta inovatif. Sekaligus dapat menjadi pemimpin yang mampu mengabdikan diri kepada masyarakat dengan dedikasi penuh dan tetap menjunjung tinggi akhlakul karimah. 

Kapala Kelompok Staf Ahli Kodam V/Brawijaya, Brigadir Jenderal Ramli, yang mewakili Mayjen TNI Rudy Saladin, Panglima Kodam V/ Brawijaya, menilai UMM benar-benar menunjukkan komitmennya untuk menghadapi tantangan ke depan. Hal itu dibuktikan dengan ide-ide berkemajuannya dalam mencetak generasi yang unggul. Tidak hanya unggul bagi dirinya pribadi, namun juga unggul pagi lingkungan sekitar.

“Kita tahu bersama bahwa UMM menjadi salah satu perguruan tinggi paling terkemuka. Apalagi sekarang memadukan antara narasi digital dan lingkungan. Ada korelasi yang sangat kuat dan stabil. Saat ini ilmu pengetahuan dan teknologi berkembang begitu cepat. Meski begitu harus tetap memperhatikan upaya-upaya menjaga lingkungan,” ungkapnya. (K24)

 


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Choirul Anam
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper