Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Green Qurban, Bungkus Daun Singkong dan Talas Perlu Dipertimbangkan

Pelaksanaan green qurban diimplementasikan di Universitas Muhammadiyah Malang (UMM).
Daging kurban dari UMM selalu dibungkus daun singkong dan talas serta besek agar ramah lingkungan./Istimewa
Daging kurban dari UMM selalu dibungkus daun singkong dan talas serta besek agar ramah lingkungan./Istimewa

Bisnis.com, MALANG — Penggunaan plastik dan kresek sangat jamak yang dampaknya membebani lingkungan sehingga perlu dipertimbangkan penggunaan barang yang ramah lingkungan sehingga dapat tercipta green qurban.

Pelaksanaan green qurban diimplementasikan di Universitas Muhammadiyah Malang (UMM). Tim kurban UMM menggunakan besek, daun talas, dan daun singkong sebagai bungkus dari daging kurban yang sudah disembelih, Senin (17/6/2024). Hal itu merupakan salah satu upaya kampus tersebut untuk mengkampanyekan green qurban.

“Ini menjadi bentuk komitmen kita untuk menjaga kelestarian lingkungan. Begitupun juga sebagai dakwah kita agar diikuti oleh banyak orang. UMM sudah melakukan ini sejak beberapa tahun belakangan dan alhamdulillah disambut baik. Ini menjadi tradisi yang harus terus dijalankan,” kata ketua Panitia Kurban UMM Abdus Salam, Minggu (16/6/2024).

Green qurban, kata dia, sejalan dengan berbagai istilah di Muhammadiyah seperti kader hijau Muhammadiyah dan juga ayat-ayat hijau. Keduanya menjadi cara Muhammadiyah untuk turut menjaga bumi. Selain itu, kurban dengan cara ini juga sesuai dengan SDG’s yang UMM sedang galakkan belakangan.

Salam berharap green qurban di UMM dapat menginspirasi masyarakat untuk turut mengubah kebiasaan penggunaan plastik dalam proses distribusi daging kurban.

Ini juga bisa dijadikan dasar untuk pemerintah dalam menyediakan perda atau himbauan pelaksanaan green kurban, sehingga semakin banyak warga yang sadar akan pentingnya menjaga lingkungan dan bumi. Adapun UMM mendapatkan sejumlah hewan kurban. 

Sampai saat ini ada 19 kambing, lima domba, dan 12 sapi. Jumlah ini bisa bertambah karena masih ada beberapa hari penyembelihan. Beberapa di antaranya dikirim ke berbagai daerah, termasuk Sumbawa. 

Terkait penggunaan daun singkong sebagai bungkus daging, Tim Kesehatan Hewan Kurban UMM, Ali Mahmud, menjelaskan daung singkong memiliki senyawa aktif, yakni flavonoid dan fenolik. Keduanya merupakan metabolis sekunder yang dihasilkan oleh tanaman dan memiliki banyak fungsi. 

Salah satunya sebagai antioksidan yang mampu mereduksi proses oksidasi daging sehingga daging bisa tetap segar dalam proses distribusi ke masyarakat.

“Jadi penggunaan daun sebagai bungkus daging tidak hanya untuk menggantikan plastik dan menjaga lingkungan. Tapi juga memberikan manfaat untuk daging agar tetap segar,” katanya.

UMM juga senantiasa memastikan kesehatan sapi dan kambing yang akan disembelih. Menurutnya, semua hewan kurban UMM sudah diperiksa dengan teliti untuk memastikan hewan dan daging kurban aman dikonsumsi.

Pada saat pembelian, pihaknya juga membawa tim untuk pemeriksaan lebih lanjut. Melihat riwayat peternak, memeriksa usia hewan, dan membeli di peternak terpercaya. Adapun untuk melihat sehat tidaknya hewan kurban, Ali dan tim telah mengecek beberapa hal seperti tidak adanya luka, air liut berlebihan, mata tidak sayu, bulu tidak berdiri, hingga kuku yang tidak pucat. 

“Hewan kurban yang sehat juga bisa dilihat dari pori-pori hidung yang mengeluarkan sedikit cairan. Kami juga mengecek apakah paru-parunya sehat dengan melihat ada tidaknya suara mengorok pada hewan terkait,” tambahnya. 

Adapula surat keterangan kesehatan hewan (SKKH) yang menjadi salah satu aspek dalam melihat keadaan hewan kurban, baik itu sapi maupun kambing, yakni sapi dan kambing ini sudah dinyatakan bebas dari cacing hati, antraks, dan bahkan virus Penyakit Mulut dan Kuku (PMK). 

"Saat dipotong dan dilihat, semua jeroan, hati, hingga paru juga bersih dan sehat. Jadi memang benar-benar bebas dari unsur-unsur bakterial dan parasit," ungkapnya. (K24)


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Choirul Anam
Editor : Miftahul Ulum
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper