Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Arus Mudik Balik Lebaran 2024, Begini Pola Perilaku Konsumsi BBM

Konsumsi Pertamax Series naik 28% dan produk Dex di Jatim naik 12,2% selama periode mudik-balik Lebaran tahun ini.
Layanan modular dispenser BBM Pertamina di rest area tol di Jatim./Istimewa
Layanan modular dispenser BBM Pertamina di rest area tol di Jatim./Istimewa

Bisnis.com, MALANG — Layanan Serambi MyPertamina dan modular dispenser BBM diminati pemudik pada layanan mudik-balik Lebaran di Jatim.

Area Manager Comm, Rel & CSR Pertamina Patra Niaga Regional Jatimbalinus, Ahad Rahedi, mengatakan di Jawa Timur terdapat 25 rest area di jalur tol yang menjadi jujugan para pemudik.

Beragam cara dilakukan untuk memanjakan pemudik seperti yang dilakukan Pertamina Patra Niaga yang menyediakan dua titik shelter istirahat pemudik bertajuk Serambi MyPertamina dan 15 modular dispenser BBM baik di rest area tipe A yang berguna untuk memecah antrean di SPBU, maupun ditempatkan di rest area tipe B yang tidak memiliki existing SPBU.

“Selama libur lebaran kemarin konsumen hingga stakeholder menaruh apresiasi tinggi terhadap keberadaan modular dispenser BBM dan Serambi MyPertamina,” ujarnya, Kamis (18/4/2024).

Modular dispenser BBM dengan realisasi tertinggi di Jatim, kata dia, terdapat di rest area 695A Mojokerto dengan rata-rata konsumsi BBM 3,4 kilo liter per hari.

Serambi MyPertamina di KM 725A dan 66A menarik perhatian tersendiri bagi pemudik. Dengan beragam fasilitas serba gratis yang ditawarkan seperti kursi pijat, area bermain anak, F&B, pemeriksaan kesehatan hingga ambulance siaga.

Serambi MyPertamina di rest area KM 66A menjadi salah satu shelter istirahat dengan pengunjung tertinggi dalam dua minggu mencapai total 3077 pengunjung per-Rabu (17/4/2024).

“Selain fasilitas rutin yang ada tiap tahun tersebut, yang baru tahun ini kami bekerja sama dengan brand kerudung high end Buttonscarves, cukup dengan tukar poin MyPertamina bisa dapat kerudung tersebut. Di 725 A bahkan langsung sold out sejak 9 April,” ucapnya.

Sementara itu, konsumsi Pertamax Series naik 28% dan produk Dex di Jatim naik 12,2% selama periode mudik-balik Lebaran tahun ini.

Menurut dia, selama periode arus mudik hingga arus balik pemudik cenderung memilih BBM berkualitas dengan kenaikan untuk Pertamax Series sebesar 28% dan Produk Dex sebesar 12,2%.

“Puncak konsumsi tertinggi pada arus mudik 6 April dan arus balik tanggal 15 April,” katanya.(K24)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Choirul Anam
Editor : Miftahul Ulum
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper