Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Tips Mudik Aman dan Nyaman dengan Eco Driving

Teknik eco driving guna berkendara tetap efisien dengan menghemat bahan bakar serta emisi saat mudik Lebaran 2024
Tips Mudik Aman dan Nyaman dengan Eco Driving. Ilustrasi - Jasa Marga.
Tips Mudik Aman dan Nyaman dengan Eco Driving. Ilustrasi - Jasa Marga.

Bisnis.com, MALANG - Garda Oto membagikan beberapa tips berkendara aman dan nyaman saat mudik Lebaran 2024.

Terkait safety driving, Senior Instructor Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI), Sony Susmana menjelaskan pentingnya melakukan persiapan yang baik sebelum berkendara untuk mudik seperti melakukan inspeksi kendaraan sebelum digunakan agar mobil dalam keadaan prima ketika berangkat dan pulang dari mudik. 

“Pengelolaan stres dan rasa lelah yang baik saat perjalanan juga disampaikan karena sering menjadi perhatian utama ketika menempuh perjalanan jauh,” katanya dalam keterangan resminya, Minggu (31/3/2024).

Dia juga menekankan manfaat dan pentingnya penggunaan teknik eco driving guna berkendara tetap efisien dengan menghemat bahan bakar serta emisi.  

Menurut Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, pengaplikasian teknik eco driving terbukti dapat menghemat pemakaian bahan bakar 10-15%. Tekniknya adalah mengemudi dengan menerapkan prinsip-prinsip dasar safety driving, untuk berkendara lebih efisien, hemat bahan bakar, dan mengurangi polusi.

“Saat persiapan alangkah baiknya juga melakukan penentuan rute pengisian bahan bakar dan peristirahatan agar perjalanan berlangsung secara efektif, hingga perhitungan biaya tol dan bensin yang akan digunakan,” ujarnya.

Pada tahap persiapan, peran eco driving sangat penting karena membantu mengelola pengeluaran operasional lebih baik lagi akibat dari penghematan bahan bakar yang digunakan. 

Selain menerapkan safety hingga eco driving, para pengendara juga tetap harus memberikan perlindungan asuransi terhadap mobilnya guna memitigasi risiko atas kerugian yang tidak dapat diprediksi atau tidak diinginkan terjadi.

Head of PR & Activation Asuransi Astra, Angela Anindita, menambahkan  bagi pelanggan Garda Oto yang ingin melakukan klaim selama periode mudik tidak perlu khawatir, karena layanan Garda Center dari Garda Oto tetap buka mengikuti jam operasional mall. 

Untuk memudahkan proses klaim, pada kesempatan ini, Angela menghimbau untuk dapat memastikan polis asuransi mobil dan Surat Izin Mengemudi (SIM) pengemudi aktif, memiliki Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) yang masih berlaku dan surat keterangan kepolisian setempat.

Juga, tidak melanggar aturan/rambu lalu lintas, penggunaan kendaraan sesuai dengan yang tercantum pada polis, tidak berada di bawah pengaruh alkohol atau obat terlarang, serta memahami kembali ketentuan risiko yang dijamin, perluasan jaminan yang dimiliki, serta pengecualian pada polis agar klaim makin lancar.

“Berkendara aman bukan hanya soal nyawa sendiri, tetapi juga tentang toleransi dan peduli,” ujar Head of PR, Marcomm, & Event Asuransi Astra, Laurentius Iwan Pranoto. 

Dalam berkendara aman, kata dia,  juga dapat menghemat bahan bakar dan mengurangi emisi lebih baik lagi yaitu dengan menerapkan eco driving. 

selain membantu mengurangi polusi udara, eco driving dapat menciptakan kenyamanan bagi pengemudi dan penumpang saat berkendara karena mendorong para pengendara untuk mengurangi kecepatan dan menghindari jarak aman agar mudik Lebaran tahun ini, semua dapat melangsungkannya dengan rasa peace of mind sehingga momen Lebaran menjadi lebih bermakna dan berlimpah dengan manfaat baik pula.X`

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Choirul Anam
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler