Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pelindo 3 Menargetkan 107 Kapal Pesiar Sandar pada 2024

Pelindo Regional 3 sukses melayani 146 kunjungan kapal cruise pada 2023 dari target 33, dengan arus penumpang wisatawan sebesar 191.438 orang.
Kapal pesiar MV Pacific Eden ketika bersandar di Benoa./Bisnis.com-Feri Kristianto
Kapal pesiar MV Pacific Eden ketika bersandar di Benoa./Bisnis.com-Feri Kristianto

Bisnis.com, SURABAYA - PT Pelabuhan Indonesia (Persero) Regional 3 menargetkan 107 kapal pesiar atau cruise bersandar di pelabuhan wilayahnya selama 2024 dan penumpang sebanyak 172.750 orang.

Senior Manager Hukum dan Humas Pelindo Regional 3 Karlinda Sari dalam keterangannya di Surabaya, Kamis (7/4/2024), mengatakan pihaknya optimistis target tersebut terpenuhi karena peningkatan layanan dan fasilitas pelabuhan yang sudah dilakukan selama 2023.

Selama 2023, kata dia, Pelindo Regional 3 sukses melayani 146 kunjungan kapal cruise dari target 33, dengan arus penumpang wisatawan sebesar 191.438 orang.

"Target tersebut meningkat tiga kali dibanding dengan target 2023," ucapnya.

Karlinda menjelaskan sejumlah faktor dinilai bisa mendongkrak kunjungan kapal cruise secara signifikan pada 2024 di antaranya peningkatan fasilitas pelabuhan seperti penyediaan mobile and telescopic gangway, hingga layanan handling luggage dan turn around passanger di terminal utama Pelindo Regional 3.

"Target ini bukan tanpa alasan. Peningkatan fasilitas dan layanan di terminal yang mengimplementasi dari terminal internasional lain menjadi salah satu nilai tawar yang kami coba berikan kepada kapal cruise yang akan sandar, itu terbukti dengan sudah banyak cruise call yang masuk awal tahun ini," ujar Karlinda.

Karlinda menambahkan pembangunan Bali Maritime Tourism Hub yang sudah memasuki tahap akhir juga menjadi daya tarik tambahan cruise untuk sandar, terlebih awal tahun lalu Pelindo sukses layani turn around 4000 passanger dan handling luggage di Pelabuhan Benoa Bali.

Selain itu, selama 2023 pihaknya juga sukses melayani beragam cruise lines dengan rute Asia Pasific-Australia.

“Tahun 2023 menjadi salah satu momen terbaik kami ketika berhasil menyadarkan salah satu Cruise ukuran jumbo Celebrity Solstice di Pelabuhan Benoa. Selain itu juga kami telah melakukan layanan turn around 4000 passanger awal tahun ini," ucapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Redaksi
Editor : Miftahul Ulum
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper