Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Tips Sukses Trading Komoditas Berjangka dari Pelaku

Selain berinvestasi di beberapa instrumen seperti reksadana dan properti, Risky diperkenalkan trading emas oleh wakil pialang.
Risky, trader komoditas berjangka./Istimewa
Risky, trader komoditas berjangka./Istimewa

Bisnis.com, MALANG — Ada beberapa tip agar sukses dalam melakukan trading komoditas berjangka pelaku, yakni memilih pialang legal, manajemen risiko, dan menggunakan modal dari 'uang dingin'.

Trader tersebut, Risky, yang juga seorang pengusaha. Bagi dia, pengusaha  selalu membutuhkan peluang baru yang dapat meningkatkan arus kas dan pendapatan pribadinya. 

Selain berinvestasi di beberapa instrumen seperti reksadana dan properti, Risky diperkenalkan trading emas oleh Wakil Pialang Berjangka PT Bestprofit Futures. 

Imej yang tidak terlalu baik dari kata trading langsung melesap ke dalam benak pria berusia 35 tahun ini ketika mendapat tawaran untuk trading emas. 

Namun, sebagai orang yang terbiasa objektif dalam mengambil keputusan bisnis. Tawaran tersebut dipelajari olehnya dengan matang. Alhasil kesimpulan yang diperolehnya terdapat tiga hal yang harus diperhatikan agar tidak terjebak penipuan yang berakibat kerugian fatal pada trading emas. 

Pertama, pastikan pialang berjangka yang dipilih legal. Kedua, pelajari manajemen risiko sebaik mungkin. "Dengan memahami risiko dan belajar cara mengendalikannya maka kita seperti mengendalikan kuda liar dengan tali kekang yang kuat," katanya, Rabu (28/2/2024). 

Ketiga, pakailah modal trading dari 'uang dingin'. Yang berarti, uang yang sedang tidak terpakai bukan uang untuk modal usaha maupun kebutuhan sehari-hari. Karena trading emas membutuhkan ketahanan modal yang kuat atau berbanding lurus dengan risiko dan peluang profit yang diperoleh.

Selang 1 bulan setelah mendapatkan edukasi dan berbekal keyakinan, Risky mulai membuka akun pertama Rp200.000.000.

Sepanjang transaksi selama 3 bulan lamanya, kata dia, kerap mengalami risiko trading. Namun dengan disiplin dan kemauan yang kuat akhirnya dia bisa mengembangkan equity nya menjadi sebanyak Rp400.000.000.

Seorang trader minimal harus bisa menguasai fundamental seperti membaca hasil berita pasar yang mempengaruhi pergerakan harga produk. Semisal harga emas, kenaikan dan penurunannya banyak dipengaruhi oleh fluktuatif nilai tukar dollar dan kebijakan makro ekonomi Amerika Serikat. Kemudian kondisi geopolitik global. Begitu pula dengan produk derivatif yang lain. 

Mengenai tips bagi orang yang mau terjun trading emas, Risky berpesan bahwa pelajari, amati dan mencoba langsung dengan trading secara mandiri. Jangan mudah percaya pada janji keuntungan pasti dari pihak manapun.

Sejatinya, kata dia, trading adalah bisnis. Membutuhkan proses dan kemauan untuk belajar juga pendampingan dari orang yang paham dalam hal ini wakil pialang. 

"Sejauh yang saya alami bersama Wakil Pialang BPF, tidak pernah menawarkan keuntungan menggiurkan, malahan sering mengingatkan kalau saya over trade. Itu yang saya butuhkan sebagai trader. Jadi, trading di pialang berjangka menjadi pilihan yang menjanjikan dan aman asal kita memahami produk dan risikonya,” ucapnya. (K24)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Choirul Anam
Editor : Miftahul Ulum
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler