Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pemkot Batu Menargetkan 1.001 Pelaku Usaha Kantongi Sertifikasi Halal pada 2024

Adanya sertifikasi halal tersebut dinilai mampu meningkatkan kepercayaan konsumen.
Logo Halal Indonesia dari Kementerian Agama (Kemenag)./Ist
Logo Halal Indonesia dari Kementerian Agama (Kemenag)./Ist

Bisnis.com, MALANG - Pemerintah Kota Batu menargetkan sebanyak 1.001 pelaku usaha yang ada di wilayah tersebut bisa mendapatkan sertifikasi halal pada 2024 sebagai salah satu upaya memperluas pangsa pasar produk.

Kepala Dinas Koperasi, Usaha Mikro, Perindustrian dan Perdagangan (Diskumperindag) Kota Batu, Aries Setiawan dalam keterangan yang diterima, Selasa (27/2/2024), mengatakan sertifikasi tersebut sejalan dengan upaya memajukan produk halal di wilayah itu.

"Upaya ini menjadi langkah penting. Ketika pedagang sudah memiliki sertifikasi halal maka wisatawan akan semakin yakin bahwa produk yang dijual sudah aman," katanya.

Aries menjelaskan untuk merealisasikan program yang menargetkan 1.001 pelaku usaha di Kota Batu untuk mengantongi sertifikasi halal pada 2024 tersebut, pihaknya kerja sama dengan Satuan Tugas (Satgas) Halal Kementerian Agama Kota Batu.

Dengan adanya sertifikasi halal tersebut, kata dia, dinilai mampu meningkatkan kepercayaan konsumen khususnya yang beragama Islam, memberikan jaminan bahwa produk dijual aman, termasuk mampu memperluas pangsa pasar dalam jangka panjang.

Dalam kesempatan sama, Kepala Kantor Kemenag Kota Batu Machsun Zain mengatakan bahwa pada 2023 terdapat sebanyak 1.847 pelaku usaha di wilayah tersebut yang sudah mengantongi sertifikasi halal.

Dengan adanya program yang digagas oleh Pemerintah Kota Batu tersebut, lanjut dia, diharapkan akan semakin banyak pelaku usaha mendapatkan sertifikasi halal guna meningkatkan kualitas produk serta menjamin keamanan produk.

"Ini adalah komitmen bersama untuk menjamin keamanan dan kualitas produk serta mendorong pelaku usaha dalam meningkatkan standar produksi," kata Machsun.

Sementara itu, Penjabat (Pj) Wali Kota Batu Aries Agung Paewai menambahkan rasa aman dan nyaman terhadap suatu produk pangan halal merupakan hal penting bagi pembeli, termasuk para wisatawan yang berkunjung ke Kota Batu.

Menurut dia, saat pelaku usaha memiliki sertifikasi halal maka memberikan jaminan rasa aman dan tenang bagi para pembeli.

Pj Wali Kota yang juga Kepala Dinas Pendidikan Jatim tersebut berharap program yang digagas oleh Dinas Koperasi, Usaha Mikro, Perindustrian dan Perdagangan itu bisa terealisasi dengan cepat.

"Apa yang sudah diinisiasi Diskumperindag ini semoga bisa terealisasi dengan cepat. Apalagi ini momen menjelang Lebaran yang akan banyak wisatawan datang. Dengan sertifikasi halal maka timbul rasa aman dan nyaman," kata AAP, sebutan akrabnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Redaksi
Editor : Miftahul Ulum
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper