Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Operasi Pasar Beras di Situbondo Digelar 26 Februari

Sesuai jadwal dilaksanakan di 17 kecamatan dan masing-masing kecamatan ada dua titik yang sudah ditentukan oleh camat setempat.
Beras Stabilisasi Pasokan dan Harga Pangan (SPHP) Bulog./JIBI-Ni Luh Anggela.
Beras Stabilisasi Pasokan dan Harga Pangan (SPHP) Bulog./JIBI-Ni Luh Anggela.

Bisnis.com, SITUBONDO - Pemerintah Kabupaten Situbondo, Jawa Timur, bekerja sama dengan Perum Bulog setempat kembali menjadwalkan operasi pasar atau pasar murah di masing-masing kecamatan dalam rangka menekan harga beras yang terus melonjak di pasaran.

Kepala Dinas Koperasi Perindustrian dan Perdagangan (Diskoperindag) Kabupaten Situbondo Edy Wiyono mengemukakan bahwa operasi pasar khusus beras akan kembali digelar mulai 26 Februari 2024.

"Hari ini, kami (Diskoperindag) melaksanakan rapat bersama dengan Perum Bulog mengenai jadwal kegiatan operasi pasar khususnya beras, karena beras premium maupun medium di pasaran terus mengalami kenaikan harga," kata dia di Situbondo, Jawa Timur, Selasa (20/2/2024).

Operasi pasar beras medium oleh Pemkab Situbondo dan Bulog, lanjut Edy, sesuai jadwal dilaksanakan di 17 kecamatan dan masing-masing kecamatan ada dua titik yang sudah ditentukan oleh camat setempat.

Dia menjelaskan operasi pasar beras medium di setiap kecamatan dibagi menjadi dua titik dan pelaksanaannya bersamaan. Di setiap titik kegiatan operasi pasar disiapkan sebanyak 5 ton beras medium atau 10 ton per kecamatan.

"Operasi pasar di setiap kecamatan dibagi menjadi dua titik untuk pemerataan atau masyarakat tidak hanya fokus di kecamatan saja," tutur Edy.

Dia menyebutkan dalam kegiatan pasar murah khusus beras untuk menekan inflasi itu, beras medium dijual dengan harga Rp10.300 per kilogram atau kemasan 5 kilogram Rp51.500.

Harga beras medium yang dijual di pasar murah oleh Pemkab Situbondo dan Bulog tersebut, kata Edy, jauh dari harga beras di pasaran yang saat ini harganya mencapai Rp14.000 hingga Rp16.000 per kilogram.

"Harga beras medium maupun premium di pasaran terus melonjak, oleh karena itu kami Pemkab Situbondo kembali menggelar operasi pasar," kata dia.

Edy menambahkan kegiatan pasar murah beras di 17 kecamatan itu nantinya juga bersamaan dengan penyaluran bantuan pangan dari Kementerian Sosial.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Redaksi
Editor : Miftahul Ulum
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler