Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

PT PAL Indonesia Targetkan Kapal Pesanan Filipina Siap Kirim 2026

PT PAL Indonesia mulai mengerjakan kapal pesanan Filipina jenis landing dock yang ditargetkan selesai dan bisa dikirim pada 2026.
Pekerja memantau pengerjaan kapal landing dock pesanan Filipina di Divisi Kapal Niaga PT PAL Indonesia, Surabaya, Senin (22/1/2024)./Antara-Naufal Ammar Imaduddin.
Pekerja memantau pengerjaan kapal landing dock pesanan Filipina di Divisi Kapal Niaga PT PAL Indonesia, Surabaya, Senin (22/1/2024)./Antara-Naufal Ammar Imaduddin.

Bisnis.com, SURABAYA - PT PAL Indonesia mulai mengerjakan kapal pesanan Filipina jenis landing dock yang ditargetkan selesai dan bisa dikirim pada 2026, yang ditandai dengan kegiatan "Ceremony of Keel Laying Landing Dock & First Steel Cutting Landing Dock".

Direktur Utama PAL Kaharuddin Djenod, usai kegiatan di Divisi Kapal Niaga PT PAL Surabaya, Senin (22/1/2024), mengatakan kapal perang Landing Dock Philippine ini membuktikan tingkat kepercayaan negara sabahat terhadap industri pertahanan dalam negeri.

"Dengan Filipina, dua kapal sudah di ekspor dan saat ini sedang kontrak lagi. Ini menunjukkan tingkat kepercayaan negara sahabat terhadap industri pertahanan kita," katanya.

Kaharuddin menjelaskan kepercayaan yang diberikan kepada PT PAL Indonesia dari negara asing tidak lain adalah berkat dukungan pemerintah dalam hal ini, Presiden Indonesia Joko Widodo dan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto.

Presiden Jokowi dan Menteri Prabowo, lanjutnya, sangat memahami kondisi geopolitik sehingga negara sahabat memberi kepercayaan pada industri pertahanan Indonesia terutama PT PAL Indonesia.

"Kekuatan pemimpin Indonesia yang berhasil meyakinkan negara sahabat, bahwa kualitas produk industri pertahanan Indonesia tidak asal-asalan, tapi kualitasnya bisa dipertanggungjawabkan," ujarnya.

Oleh karena itu, pihaknya tidak ingin menyia-nyiakan kepercayaan yang telah diberikan kepada PT PAL Indonesia.

"Ketika kepercayaan itu diberikan kepada industri pertahanan dalam negeri, kami bisa memberikan hasil dengan kualitas yang benar-benar meyakinkan, dan tidak kalah dengan hasil industri pertahanan luar negeri," ucapnya.

Kaharuddin menambahkan Indonesia memiliki posisi yang strategis dan bisa memberikan contoh kepada negara ASEAN lain, karena dengan segala keterbatasan mampu membangkitkan industri dengan level yang jauh lebih tinggi.

Selain itu, dari segi penguasaan teknologi anak bangsa sudah meningkat jauh, jika sebelumnya masih berkisar di kapal-kapal KCR 60 meter, LPD 123 meter, sekarang sudah mampu mendesain dan memulai Fregat Merah Putih.

"Ini meskipun basic desainnya kami beli dari luar negeri, tetapi basic komplitnya adalah hasil karya putra-putri Indonesia. Selain itu kami juga sedang dalam proses sedang mendesain kapal-kapal induk," tuturnya.

Adapun spesifikasi kapal landing dock pesanan Filipina tersebut total berat kapal 7.200 ton, kecepatan maksimal 16 Knot, kecepatan jelajah 13 knot, daya tahan jelajah 30 hari, jangkauan operasi 9.360 Nm, maksimum penumpang 680 orang dan masuk dalam kelas Lloyd's Register (LR).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Redaksi
Editor : Miftahul Ulum
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper