Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Cara Mudah Memilih Daging Ayam yang Sehat

Pentingnya pemilihan daging ayam berkualitas tinggi sangat berkaitan dengan dampak signifikan terhadap kesehatan tubuh.
Ilustrasi daging ayam./Ist
Ilustrasi daging ayam./Ist

Bisnis.com, MALANG — Ada cara mudah untuk memilih daging ayam yang sehat, yakni mengenali warna, tekstur, aroma, dan tidak ada bercak darah.

Dosen Vokasi Agribisnis Unggas di Universitas Muhammadiyah Malang (UMM), Rafwan Afandi, mengatakan mengenali ciri-ciri daging ayam yang sehat dan aman untuk dikonsumsi menjadi suatu keharusan yang tak bisa diabaikan. 

“Pentingnya pemilihan daging ayam berkualitas tinggi sangat berkaitan dengan dampak signifikan terhadap kesehatan tubuh. Terlebih, daging ayam memiliki peran sebagai salah satu sumber protein dan nutrisi yang esensial bagi manusia,” ujarnya, Selasa (16/1/2024).

Seperti halnya kandungan B3 yang berperan untuk mengubah nutrisi menjadi energi. Selain itu, asam amino triptofan dalam daging ayam dapat merangsang sel otak, sedangkan kandungan mineral alami seperti selenium dianggap memiliki efek untuk meremajakan sel.

Oleh karena itulah, penting untuk memahami cara memilih daging ayam yang berkualitas. Ciri mendasar yang penting diingat adalah daging ayam yang sehat memiliki warna merah muda. 

Sedangkan, untuk memastikan tekstur daging, konsumen dapat menekan daging ayam. Daging yang berkualitas memiliki tekstur yang kenyal atau elastis.

Selanjutnya, aroma daging juga memegang peran penting dalam menilai kualitasnya. Daging ayam yang berkualitas tinggi tidak bau amis. Hal ini menunjukkan bahwa daging tersebut bebas dari kontaminasi bakteri atau zat-zat yang dapat merusak kualitasnya.

“Pastikan juga tidak ada bercak darah pada daging. Ini menandakan bahwa proses penyembelihan dilakukan dengan benar, yakni dengan memotong tiga saluran di leher (makan, napas, dan pencernaan). Selain itu, tidak boleh ada benjolan atau bengkak di daging yang dapat mengindikasikan masalah kesehatan pada ayam tersebut,” jelasnya.

Sebagai seorang praktisi unggas, ia mengingatkan, untuk tetap mengontrol konsumsi daging ayam. Alasannya, kandungan kolesterol pada daging ayam yang jika dikonsumsi berlebih akan menyumbat pembuluh darah dan memunculkan risiko gagal jantung.

Dia menyarankan, selain pemilihan daging yang berkualitas, cara memasak juga berperan penting dalam menjaga kesehatan. Daging ayam sebaiknya dimasak dengan metode yang lebih sehat, seperti direbus, dikukus, dipanggang, atau dibakar. 

“Tidak hanya itu, penting juga untuk menghindari penggunaan penyedap yang mengandung asam lemak tinggi, seperti kaldu, butter, dan santan. Langkah-langkah ini diambil untuk menjaga kadar kolesterol alami dan menghindari penambahan lemak tak jenuh yang dapat membahayakan kesehatan,” ucapnya. (K24)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Choirul Anam
Editor : Miftahul Ulum
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper