Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Iling Lan Waspodo, Pesan Presiden Jokowi Dalam Perayaan Natal Nasional di Surabaya

Presiden Jokowi juga mengucap syukur bahwa dalam perayaan Natal yang penuh kehangatan dan kasih sayang ini perlu menjadi contoh kepada dunia.
Iling Lan Waspodo, Pesan Presiden Jokowi Dalam Perayaan Natal Nasional di Surabaya/Bisnis-Peni
Iling Lan Waspodo, Pesan Presiden Jokowi Dalam Perayaan Natal Nasional di Surabaya/Bisnis-Peni

Bisnis.com, SURABAYA - Presiden Joko Widodo menghadiri perayaan Natal Nasional 2023 di Graha Bethany Nginden Surabaya pada Rabu (27/12/2023) bersama dengan sejumlah menterinya seperti Menkominfo, Menag, Menhan, dan Menkopolhukam.

Dalam sambutannya pada malam perayaan Natal Nasional 2023 di Surabaya, Presiden Jokowi menyampaikan ucapakan selamat Natal kepada seluruh umat Kristiani di Indonesia dan warga Indonesia yang berada di luar negeri.

“Kepada umat Kristiani di seluruh pelosok Indonesia dan luar negeri, saya mengucapkan selamat Natal, semoga kehangatan Natal ini dapat memenuhi hati kita dengan penuh damai dan sejahtera,” katanya.

Presiden Jokowi juga mengucap syukur bahwa dalam perayaan Natal yang penuh kehangatan dan kasih sayang ini perlu menjadi contoh kepada dunia bahwa keberagaman adalah hukum alam yang tidak terindarkan termasuk dalam perbedaan agama. Indonesia sendiri memiliki 714 suku dan 1.300 bahasa daerah.

“Kita harus mampu menjaga tolerasi dalam keberagaman dan kemajemukan di tengah Kebhinekaan. Kita mampu karena kita Bhineka Tunggal Ika, dan kita beruntung karena kita memiliki Pancasila,” katanya.

Dia juga mengatakan bahwa di tengah tantangan kehidupan dunia yang berat yang ditandai dengan krisis pangan, krisis ekonomi dan perselisihan antar bangsa, bahkan peperangan, warga Indonesia harus tetap waspada.

“Orang Jawa bilangnya iling lan waspodo, karena perselisihan apalagi peperangan pasti akan membawa kemunduran peradapan, sebaliknya persatuan dan kerukunan bisa menapaki kemajuan,” ujarnya.

Meskipun saat ini telah memasuki tahun politik dan penyelenggaraan Pemilu, kata Jokowi, masyarakat harus terus menjaga tolerasi persatuan dan perdamaian. 

“Perbedaan pilihan politik itu wajar dalam demokrasi, tapi kita dipersatukan oleh kepentingan yang lebih mulia yaitu menjaga persatuan kegotongroyongan dan kemanusiaan, serta memajukan negara yang kita cintai, Indonesia,” katanya.

Menurutnya, capaian pembangunan yang telah diraih Indonesia harus dirawat dan dijaga agar cita-cita menjadi Indonesia maju semakin nyata. 

Tangkapan layar Presiden Joko Widodo saat memberikan sambutan dalam perayaan Natal Nasional 2023 di Graha Bethany Nginden Surabaya pada Rabu (27/12/2023).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper