Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Antisipasi Lonjakan Trafik Data, Indosat Genjot Kapasitas Jaringan di 77 Titik di Jatim

Indosat Ooredoo Hutchison (IOH) meningkatkan kapasitas jaringan di 77 titik di wilayah Jatim untuk mengantisipasi lonjakan trafik data pada saat libur Nataru.
Pekerja Indosat Ooredoo Hutchison sedang bertugas dalam Siaga Nataru. /Istimewa
Pekerja Indosat Ooredoo Hutchison sedang bertugas dalam Siaga Nataru. /Istimewa

Bisnis.com, SURABAYA - Indosat Ooredoo Hutchison (IOH) meningkatkan kapasitas jaringan di 77 titik di wilayah Jawa Timur untuk mengantisipasi lonjakan trafik data pada saat libur Natal dan Tahun Baru (Nataru).

SVP – Head of Corporate Communications Indosat Ooredoo Hutchison Steve Saerang mengatakan IOH telah memprediksi akan terjadi lonjakan trafik data mencapai 20% terutama di beberapa daerah seperti Lamongan, Mojokerto, dan Jombang.

“Mengantisipasi lonjakan kebutuhan jaringan telekomunikasi digital pada sejumlah titik di Jatim pada masa libur perayaan Nataru, kami menyiapkan peningkatan kapasitas jaringan di 77 point of interest (POI),” katanya, Selasa (26/12/2023).

Dia menjelaskan, sejumlah POI tersebut merupakan titik-titik yang diperkirakan akan mengalami peningkatan aktivitas masyarakat di masa libur perayaan Nataru, dari mulai bandara, terminal bus, stasiun kereta api, jalan tol, destinasi wisata, pusat perbelanjaan, hingga sarana beribadah.

“Secara khusus, penguatan jaringan dilakukan dengan menambahkan kapasitas pada 580 BTS eksisting dan menyiagakan deployment 4 unit mobile based transmission station (MBTS) di wisata Ijen Banyuwangi, Trawas, Wonosalam, serta Magetan,” imbuhnya.

Steve menambahkan, selain penguatan jaringan, IOH juga mengaktifkan Command Center selama 24 jam yang terletak di Surabaya, didukung oleh Network Operation Center berbasis AI/ML (Artificial Intelligence/Machine Learning) dan otomasi. 

“Teknologi ini digunakan untuk memantau ketersediaan dan kualitas jaringan secara berkala di masa liburan Nataru. Beberapa dashboard khusus juga digunakan seperti Operational Dashboard, Performance Dashboard, NetDrone, dan Subscriber Movement Dashboard,” tambahnya.

Secara nasional, IOH mengoptimalkan jaringannya di 434 lokasi prioritas dan meningkatkan kapasitas jaringan di 527 titik. Dengan penambahan ini, Indosat kini menyediakan kapasitas sekitar 33% lebih besar daripada rata-rata trafik data harian. 

Peningkatan kapasitas ini menjadi langkah antisipatif menghadapi perkiraan lonjakan trafik data sekitar 11,5% dibandingkan rata-rata harian. Peningkatan ini diperkirakan dipicu oleh peningkatan penggunaan aplikasi seperti WhatsApp, Facebook, dan YouTube, serta game online seperti Mobile Legends, Roblox, dan PUBG.

IOH juga melakukan uji coba jaringan di wilayah yang diprediksi akan menjadi jalur perjalanan populer masyarakat selama liburan Natal dan Tahun Baru, seperti Trans Jawa, Trans Sumatera, Cikampek, Samarinda, dan Balikpapan. Hasil pengujian ini memastikan bahwa jaringan Indosat optimal dari segi kecepatan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Peni Widarti
Editor : Ajijah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler