Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pelabuhan Ketapang dan Gilimanuk Fokus Layani Kendaraan Penumpang Selama Nataru

ASDP akan mengoptimalkan mengoperasikan dermaga untuk mengangkut penumpang selama periode Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2023.
Foto udara suasana di Pelabuhan Ketapang, Banyuwangi, Jawa Timur, Senin (12/9/2022)./Bisnis-Eusebio Chrysnamurti.
Foto udara suasana di Pelabuhan Ketapang, Banyuwangi, Jawa Timur, Senin (12/9/2022)./Bisnis-Eusebio Chrysnamurti.

Bisnis.com, DENPASAR - PT ASDP (Persero) akan mengoptimalkan mengoperasikan dermaga untuk mengangkut penumpang selama periode Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2023.

Pelabuhan Ketapang dan Gilimanuk melayani memprioritaskan kendaraan penumpang selama Nataru. Sedangkan truk pengangkut barang akan dialihkan ke pelabuhan Tanjung Wangi yang dikelola oleh PT Pelindo dan Pelabuhan Jangkar di Situbondo.

Manager Angkutan Sungai, Danau dan Penyeberangan (ASDP) Pelabuhan Gilimanuk, Djumadi, menjelaskan Pelabuhan Gilimanuk memiliki 7 dermaga yang siap melayani lonjakan penumpang selama arus Nataru. ASDP juga telah melakukan peningkatan kapasitas dermaga IV yang semula berkapasitas 10 ton menjadi dermaga Movable Bridge (MB) dengan kapasitas 60 ton.

Panjang dermaga telah ditambahkan dari 24 meter menjadi 75 meter dan trestle dari 25 meter menjadi 85 meter dengan fasilitas yang mencakup 3 unit Mooring Dolphin dan 5 unit Breathing Dolphin.

"Pelabuhan Gilimanuk dilengkapi 7 buah dermaga dengan kapasitas sandar empat buah kapal. Secara keseluruhan kami siap melayani arus Penumpang selama Nataru," jelas Djumadi dikutip dari siaran pers, Sabtu (23/12/2023). 

ASDP juga menyiapkan pelabuhan Ketapang untuk melayani arus penumpang selama Nataru dengan meningkatkan kapasitas kapal dari 10.685 kendaraan kecil di tahun 2022 menjadi 12.885 kendaraan kecil tahun 2023. Sementara untuk kapasitas pelabuhan ditingkatkan dari 1.270 kendaraan kecil pada Nataru 2022 menjadi 1.570 kendaraan kecil tahun ini.

Sementara itu Pj Gubernur Bali Sang Made Mahendra Jaya menjelaskan Bali siap menerima limpahan wisatawan selama Nataru. Sebagai tujuan wisata utama di Indonesia, Mahendra menyebut Pemprov Bali bersama aparatur negara lainnya siap memberikan rasa aman dan nyaman kepada wisatawan maupun masyarakat yang melaksanakan Natal di Bali. 

"Dengan berbagai persiapan di Pelabuhan hingga Bandara kami harap bisa memberikan rasa aman dan nyaman bagi penumpang atau wisatawan yang akan berlibur di Bali. Kami sudah meninjau berbagai sarana dan prasarana transportasi untuk mendukung kelancaran perjalanan masyarakat selama Nataru," kata Mahendra. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Miftahul Ulum
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper