Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Tingkatkan Literasi Keuangan, LPS Gencarkan Sosialisasi

LPS terus gencar mensosialisasikan terkait ke-LPS-an untuk berkontribusi meningkatkan tingkat literasi keuangan yang angkanya masih relatif rendah.
LPS  melakukan sosialisasi di Car Free Day, Kota Malang, Jl Ijen, Minggu (26/11/2023).
LPS  melakukan sosialisasi di Car Free Day, Kota Malang, Jl Ijen, Minggu (26/11/2023).

Bisnis.com, MALANG—Lembaga Penjamin Simpanan atau LPS terus gencar mensosialisasikan terkait ke-LPS-an untuk berkontribusi meningkatkan tingkat literasi keuangan yang angkanya masih relatif rendah.

Kali ini LPS  melakukan sosialisasi di Car Free Day, Kota Malang, Jl Ijen, Minggu (26/11/2023).

Sekretaris LPS Dimas Yuliharto mengatakan masyarakat perlu diedukasi dengan baik bahwa menabung di bank, maka  uang mereka aman karena dananya dijamin LPS. Agar dijamin, nasabah diimbau memenuhi syarat penjaminan LPS.

“Syarat dana simpanan dijamin di bank, yakni 3T, tercatat dalam pembukuan bank, tingkat bunga simpanan tidak melebihi bunga penjaminan LPS, dan tidak melakukan tindakan pidana yang merugikan bank,” katanya.

Yang perlu juga menjadi perhatian, dia menegaskan, LPS menjamin simpanan hingga Rp2 miliar/nasabah/bank.

Terkait ketentuan tingkat bunga simpanan tidak melebihi bunga penjaminan LPS, dia mengingatkan, nasabah diharapkan cermat terhadap tawaran cashback atau pemberian uang tunai.

“Jika perhitungan cashback dan bunga yang diperoleh nasabah melebihi tingkat bunga pinjaman, maka simpanan dijamin LPS,” ucapnya.

Perlunya terus dilakukan sosialisasi ke-LPS-an, kata Dimas, karena tingkat literasi keuangan masih cukup rendah. Masih banyak masyarakat yang belum paham tentang apa itu LPS, fungsi, maupun tugasnya.

Data di OJK menyebutkan, meski angka literasi keuangan naik, namun angkanya masih timpang dengan tingkat inklusi.

Hasil SNLIK  (Survei Nasional Literasi dan Inklusi Keuangan) 2022 menunjukkan indeks literasi keuangan masyarakat Indonesia sebesar 49,68%, naik dibanding 2019 yang hanya 38,03%. Sementara indeks inklusi keuangan tahun ini mencapai 85,10% meningkat dibanding periode SNLIK sebelumnya pada 2019 yang sebesar 76,19%.

Sebagai informasi, berdasarkan data per-Agustus 2023, jumlah rekening nasabah bank umum yang dijamin seluruh simpanannya (simpanan hingga Rp2 miliar) sebesar 99,94% dari total rekening atau setara dengan 530,72 juta rekening.

Sedangkan pada BPR/BPRS, jumlah rekening yang dijamin seluruh simpanannya (simpanan hingga Rp2 miliar) sebesar 99,98% dari total rekening atau setara dengan 15,56 juta rekening.

Sosialisasi mengenai LPS di booth LPS di Bazar UMKM MAS TRIP, Car Free Day, Jl Ijen, Kota Malang, diminati pengunjung. Terpantau ada 600-an pengunjung mengantri di booth LPS untuk mendengarkan sosialisasi dari petugas di lokasi serta bermain game tentang LPS.

Setelah bermain game, pengunjung mendapatkan souvenir dari LPS seperti payung dan lainnya.

 Pengunjung yang kebanyakan remaja senang dengan game dan hadiah yang diberikan LPS. Mereka juga antusias berfoto di booth LPS untuk di-posting di medsos mereka masing-masing.(K24)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Choirul Anam
Editor : Ajijah

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper