Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ponorogo Targetkan Lelang Kendaraan Dinas Menghasilkan Rp2 Miliar

Diperkirakan, akhir November mendatang sudah siap untuk masuk lelang.
Ilustrasi.
Ilustrasi.

Bisnis.com, PONOROGO - Pemerintah Kabupaten Ponorogo menargetkan pendapatan asli daerah bersumber dari lelang ratusan kendaraan dinas tak terpakai di daerah itu pada akhir November ini mencapai Rp2 miliar.

Hal itu disampaikan Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah Kabupaten Ponorogo Sumarno, Kamis (23/11/2023), usai menginventarisasi aset kendaraan bermotor milik daerah yang dimasukkan daftar lelang di akhir tahun anggaran 2023 ini.

"Kalkulasi dan target kami, pendapatan dari hasil lelang nanti bisa mencapai Rp2 miliar. Kalau bisa lebih," kata Sumarno.

Ia belum bisa merinci jumlah ataupun daftar aset kendaraan bermotor yang akan dilelang tersebut dengan alasan masih proses inventarisasi. Tetapi yang pasti semua kendaraan dinas yang usianya di atas tujuh tahun, katanya.

"Yang dilelang itu, kendaraan yang masa ekonomisnya sudah tidak ada atau alias bobrok," lanjut dia.

Ia berdalih, inventarisasi kendaraan di seluruh OPD memerlukan waktu. Diperkirakan, akhir November mendatang sudah siap untuk masuk lelang.

"Jumlah pastinya berapa masih dihitung, karena memang untuk kendaraan yang masuk lelang itu jumlahnya tidak sedikit," paparnya.

Selain itu, proses untuk masuk lelang tergolong cukup lama. Hal ini karena pihak Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) harus menaksir atau appraisal satu per satu setiap kendaraan.

Sebagai contoh, kendaraan yang banyak dilelang yakni milik Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB) Ponorogo, dimana banyak sepeda motor yang dulunya digunakan untuk penyuluh di desa desa.

"Salah satu yang banyak itu milik DPPKB, kendaraan roda duanya banyak yang bobrok dan tersimpan di gudang. Ya target kita November sudah rampung semua," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Redaksi
Editor : Miftahul Ulum
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler