Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Login Wifi Sembarangan Harta Bisa Hilang

Salah satu ancaman utama terhadap keamanan siber pada dompet digital adalah serangan phishing web.
Ilustrasi.
Ilustrasi.

Bisnis.com, MALANG — Login hotspot atau wifi secara sembarangan, bisa berakibat fatal karena bisa jadi layanan tersebut merupakan phising web sehingga data pengguna dicuri dan dapat membobol data perbankan.

Dosen Teknik Informatika Universitas Muhammadiyah Malang (UMM),  Denar Regata Akbi, mengatakan saat ini aktivitas keuangan manusia semakin terintegrasi dengan dunia maya. Mulai dari rekening bank, kartu kredit, hingga dompet digital. 

“Salah satu ancaman utama terhadap keamanan siber pada dompet digital adalah serangan phishing web,” katanya, Selasa (31/10/2023). 

Biasanya, kata dia, phising web ini dilakukan dengan mengirimi tautan atau link palsu. Melalui tautan palsu ini, mereka berusaha mendapatkan informasi rahasia seperti kata sandi atau data lainnya untuk membobol dan mendapat akses ke aplikasi finansial yang bersangkutan.

“Rata-rata phising itu dilakukan di web atau di email. Si attacker ini mengelabui user dengan cara mengirim link yang hampir sama persis. Jadi mereka kadang cuma mengubah di bagian besar kecilnya huruf di url-nya, tapi si user seringkali tidak memperhatikan detail itu. Jadi kita langsung klik dan dialihkan ke web yang salah,” ujarnya.

Di sisi lain,  serangan keamanan siber juga melibatkan taktik sosial yang dikenal sebagai social engineering. Penjahat siber menggunakan manipulasi psikologis untuk mendapatkan informasi rahasia. 

Denar mengatakan, social engineering mampu membuat user menyerahkan berbagai informasi pribadi. Karena itulah,  pengguna agar selalu waspada terhadap orang yang meminta informasi rahasia melalui telepon, email atau pesan teks. 

Jalan lain yang biasa dilakukan pelaku juga bisa melalui layanan hotspot atau wifi. Apalagi pengguna juga tidak tahu perimeter keamanannya seperti apa. Sehingga, ketika seseorang menghubungkan perangkatnya ke wifi atau hotspot sembarangan dan membuka internet banking atau m-banking. Tentu hal ini akan sangat riskan untuk diserang. 

“Tiba-tiba malwarenya sudah masuk dan bisa mengambil informasi-informasi penting dan akhirnya m-banking-nya terbobol,” katanya. 

Dia menyarankan, pengguna teliti dalam mengunduh aplikasi di appstore maupun playstore. Pastikan bahwa aplikasi tersebut kredibel dan terpercaya. Begitupun dengan mengaktifkan fitur keamanan yang kuat, seperti otentikasi dua faktor. 

Menurutnya, penting untuk memahami bahwa tidak ada sistem keamanan yang benar-benar mumpuni. Butuh kewaspadaan lebih untuk menyikapi hal tersebut. Masyarakat selalu memiliki rasa kehati-hatian dan curiga pada hal-hal yang terlihat asing dan tidak wajar.

“Selain hati-hati agar tidak tertipu taktik sosial, kita juga jangan login hotspot sembarangan. Apalagi sampai membuka internet banking atau dompet digital lainnya. Yang tak kalah penting, usahakan tidak menyimpan password dalam internet. Menggunakan google safe browsing untuk meminimalisasi terjadinya hal-hal seperti ini juga dapat dilakukan sebagai perlindungan," ucapnya. (K24)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Choirul Anam
Editor : Miftahul Ulum
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper