Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Astra Sedaya Finance Targetkan Kredit Mobil di Jatim Tumbuh 20 Persen pada 2023

PT Astra Sedaya Finance (ASF) telah menyalurkan pembiayaan kredit mobil di wilayah Jatim senilai Rp2,6 triliun pada semester I/2023
Suasana tampak luar gelaran pameran otomotif GIIAS 2023 di Grand City Surabaya, Jumat (22/9/2023)/Bisnis - Peni Widarti
Suasana tampak luar gelaran pameran otomotif GIIAS 2023 di Grand City Surabaya, Jumat (22/9/2023)/Bisnis - Peni Widarti

Bisnis.com, SURABAYA - PT Astra Sedaya Finance (ASF), salah satu perusahaan pembiayaan di grup Astra Credit Companies (ACC), mematok penyaluran kredit mobil di wilayah Jawa Timur bisa tumbuh sekitar 20 persen sampai akhir tahun ini.

Regional Retail Business Head ACC - Jatim Eka Gunawan mengatakan, ASF telah menyalurkan pembiayaan kredit mobil di wilayah Jatim senilai Rp2,6 triliun pada semester I/2023. Capaian itu naik 18 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

Sementara itu, penyaluran pembiayaan mobil ASF secara nasional telah mencapai Rp18,3 triliun sepanjang paruh pertama tahun ini.

“Potensi pasar otomotif khususnya roda empat tahun ini semakin membaik, termasuk di Jatim ramai orang membeli mobil, ini menjadi indikator bahwa sektor otomotif kembali bergairah, konsumsi masyarkat naik,” kata Eka, Jumat (22/9/2023).

Dia memaparkan, capaian nominal pembiayaan kendaraan roda empat pada semester I/2023 tersebut merupakan pembiayaan atas sebanyak 103.000 unit mobil secara nasional, dan khusus di Jatim tercatat sebanyak 16.145 unit untuk seluruh merek mobil. Jumlah ini mengalami peningkatan 13 persen. 

“Secara nasional maupun Jatim, ASF juga mencatatkan laba bersih yang naik masing-masing sebesar 35 persen dan 18 persen di semester I/2023, dan masing-masing amount sebesar Rp917 miliar dan Rp117 miliar,” imbuhnya.

Eka menambahkan, selama 4 hari gelaran GIIAS 2023 di Surabaya, ACC pun menargetkan bisa menyalurkan pembiayaan kredit mobil sebanyak 2.000 unit. Rerata per hari bisa menyalurkan kredit untuk sebanyak 400 - 500 unit.

“Sejauh ini, capaian di GIIAS sudah sesuai dengan target harian, dan memang 90 persen kredit mobil yang diajukan merupakan kendaraan dari Grup Astra. Gelaran seperti GIIAS ini sangat mendorong kinerja pembiayaan, karena kita bisa touchdown langsung dengan begitu banyak konsumen yang datang melihat pameran otomotif,” imbuhnya.

Kinerja positif juga dicatatkan oleh PT Toyota Astra Financial Services (TAF) yang merupakan gabungan dari PT Astra International Tbk. dan Toyota Financial Services. TAF yang fokus pembiayaan kendaraan dari Grup Astra ini membukukan pertumbuhan laba bersih perusahaan semester I/2023 sebesar 40 persen menjadi Rp338 miliar secara nasional dan tumbuh 50 persen menjadi Rp38,03 miliar di Jatim.

Sales Area Head TAF - Jatim Nico Kwee menambahkan, TAF berhasil mencatatkan penyaluran pembiayaan (amount finance) secara nasional sebesar Rp12,9 triliun atau naik 37 persen (yoy) pada semester I/2023, dan di Jatim mencapai Rp1,07 triliun atau naik 24 persen (yoy).

“Pertumbuhan ini juga dapat dilihat dari sisi jumlah pemesanan (unit finance) pada semester I/2023 secara nasional 63.000 unit atau naik 36 persen (yoy) dan mencapai 58.000 unit atau naik 24 persen di Jatim,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper