Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Sambut FIFA U-17, Surabaya Siapkan Event Pendukung dan Desain Maskot

Kota Surabaya direncanakan akan menjadi tuan rumah pertandingan Piala Dunia U-17 2023 dan akan dilaksanakan di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT) pada
Salah satu ruang pemantauan lapangan Gelora Bung Tomo (GBT) Surabaya./Dok. Pemkot Surabaya
Salah satu ruang pemantauan lapangan Gelora Bung Tomo (GBT) Surabaya./Dok. Pemkot Surabaya

Bisnis.com, SURABAYA - Kota Surabaya direncanakan akan menjadi tuan rumah pertandingan Piala Dunia U-17 2023 dan akan dilaksanakan di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT) pada 10 November 2023 mendatang.

Untuk menyambut FIFA U-17 2023, Pemerintah Kota Surabaya melakukan berbagai persiapan mulai pembenahan minor di Stadion GBT hingga menggelar event-event menarik untuk warga Kota Pahlawan, misalnya seperti lomba sepak bola antar kampung.

Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi mengatakan, pemkot bakal menggelar lomba sepak bola antar kampung ini untuk agar euforia Piala Dunia U-17 semakin terasa. Lomba ini akan diikuti oleh seluruh warga Kota Surabaya, mulai dari tingkat RT, RW, kelurahan hingga kecamatan. 

"Pertandingan sepak bola tingkat kampung juga akan kita gerakkan, sampai menuju pertandingan di 10 November 2023,” ujarnya dikutip dalam rilis, Selasa (19/9/2023).

Pemkot melalui Dinas Kebudayaan, Kepemudaan dan Olahraga serta Pariwisata (Disbudporapar) Kota Surabaya, juga telah berkoordinasi dengan FIFA membahas soal maskot Piala Dunia U-17 2023.

“Disbudporapar Kota Surabaya akan mengusulkan desain maskot Piala Dunia U-17 kepada FIFA. Tapi kita menyesuaikan dulu, dan minta saran sama FIFA, karena desainnya nggak boleh sama persis sama sebelumnya. Makanya kita gambar dulu, kita tunjukkan lalu diperbanyak dan akan dikerjakan oleh UMKM," paparanya.

Kepala Disbudporapar Kota Surabaya Wiwiek Widayati menjelaskan, dalam pekan ini mulai menyiapkan desain logo komposit dan menyiapkan event-event menarik selama pertandingan sepak bola bergengsi itu berlangsung. Logo komposit ini adalah logo pemkot yang nantinya akan disandingkan dengan piala FIFA. 

"Kita masih menyiapkan approval (persetujuan) terkait logo komposit ini. Kita kerjakan logonya, nantinya akan disandingkan dengan piala FIFA," kata Wiwiek.

Selain itu, tambahnya, Disbudporapar Surabaya juga sedang menyusun konsep acara trophy experience. Hanya saja, konsep ini juga masih diusulkan terlebih dahulu kepada FIFA. 

“Jika telah disetujui oleh FIFA, maka trofi Piala Dunia U-17 2023 akan diletakkan di tempat-tempat ikonik yang ada di Kota Surabaya. Ada dua tempat, di Balai Pemuda (Alun-alun Suroboyo) atau di Taman Surya," imbuhnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Peni Widarti
Editor : Miftahul Ulum
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper