Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bandara Internasional Juanda Layani Empat Rute Baru

Bandara Internasional Juanda telah menambah sebanyak empat rute baru untuk penerbangan domestik dan internasional sejak Agustus - September 2023.
Maskapai penerbangan saat mendapat layanan di Bandara Internasional Juanda Surabaya./Dok
Maskapai penerbangan saat mendapat layanan di Bandara Internasional Juanda Surabaya./Dok

Bisnis.com, SURABAYA - Bandara Internasional Juanda telah menambah sebanyak empat rute baru untuk penerbangan domestik dan internasional sejak Agustus - September 2023.

Adapun penambahan rute baru tersebut di antaranya rute dari Juanda menuju Kuala Lumpur - Malaysia untuk penerbangan internasional dari maskapai Super Airjet, dan untuk domestik dengan rute Labuan Bajo oleh maskapai Air Asia, serta rute Berau dari maskapai Batik Air, dan rute reaktivasi yakni Banyuwangi dari Wings Air.

General Manager Bandar Udara Internasional Juanda Sisyani Jaffar mengatakan dengan adanya penambahan rute tersebut, Bandara Juanda hingga kini melayani sebanyak 28 rute domestik dan internasional.

“Untuk penerbangan domestik ada 20 rute, untuk internasional melayani 8 rute yaitu Singapura, Kuala Lumpur, Johor Baru, Penang, Hongkong, Jeddah, Madinah dan Brunei,” jelasnya., Kamis (7/9/2023).

Dia mengatakan melalui penambahan rute itu pihaknya meyakini tren arus penumpang pesawat melalui Juanda akan semakin meningkat atau setidaknya sama seperti sebelum pandemi.

“Pembukaan rute-rute penerbangan ini, tidak hanya akan memberikan kemudahan akses, tapi juga diharapkan dapat memperkuat daya saing potensi perdagangan, bisnis, dan kepariwisataan sebagai kontribusi upaya percepatan pemulihan perekonomian,” ujarnya.

Bandara Internasional Juanda mencatat, jumlah penumpang hingga akhir Agustus mencapai 9.262.752 penumpang atau meningkat sebanyak 36 persen jika dibandingkan periode tahun sebelumnya yang mencapai 6.797.711 penumpang. 

Peningkatan jumlah penumpang tahun ini jika dibandingkan dengan sebelum pandemi atau pada 2019, maka sudah tercapai recovery rate sebesar 86 persen dari jumlah penumpang 2019 yang mencapai 10.806.142 penumpang.

“Capaian ini sudah hampir mendekati kondisi sebelum pandemi,” imbuhnya.

Sedangkan jumlah pesawat yang dilayani di Bandara Internasional Juanda hingga Agustus 2023 yaitu mencapai 63.799 pesawat atau meningkat sebesar 29 persen jika dibandingkan dengan periode Agustus 2022 yang mencapai 49.479 pesawat. 

“Jika dibandingkan dengan jumlah pesawat pada Agustus 2019 saat sebelum pandemi, jumlah pesawat yang dilayani sebanyak 84.020 pesawat, sehingga jumlah pesawat telah recovery mencapai 86 persen,” tambah Sisyani.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Peni Widarti
Editor : Miftahul Ulum
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper