Intiland dan Mitbana Kembangkan Proyek Kawasan Terpadu Green Bestari Park Tangerang

Mitbana bersama dengan PT Sinar Puspapersada, anak usaha PT Intiland Development Tbk meluncurkan Green Bestari Park, sebuah kawasan terpadu di Tangerang.
Jajaran direksi PT Intiland Development Tbk dan Mitbana usai peluncuran proyek baru kawasan terpadu Green Bestari Park, Tangerang./Dok. Intiland
Jajaran direksi PT Intiland Development Tbk dan Mitbana usai peluncuran proyek baru kawasan terpadu Green Bestari Park, Tangerang./Dok. Intiland

Bisnis.com, SURABAYA — Mitbana bersama dengan PT Sinar Puspapersada, anak perusahaan PT Intiland Development Tbk meluncurkan Green Bestari Park, sebuah pengembangan kawasan terpadu dan Transit Oriented Development (TOD) seluas 51 ha di Tangerang.

Direktur Pengembangan Bisnis Intiland, Permadi Indra Yoga menjelaskan perusahaan joint venture antara Mitbana dan Sinar Puspapersada yakni PT Inti Mitbana Development ini akan membangun Green Bestari Park dalam tiga tahap. “Tahap pertama meliputi area seluas 14 ha yang mencakup klaster perumahan, area ritel, pusat F&B, dan clubhouse baru untuk para penghuni,” katanya dalam rilis, Rabu (6/9/2023).

Tahapan berikutnya, lanjut Permadi, mencakup pengembangan hunian, taman kota, area komersial, dan Pengembangan Berbasis Transit (Transit Oriented Development/TOD) yang terintegrasi dengan stasiun Mass Rapid Transit (MRT) yang menghubungkan Balaraja dan Cikarang di jalur MRT Timur-Barat.

Mitbana adalah sebuah perusahan joint venture antara Mitsubishi Corporation dan Subrana Jurong yang merupakan pemegang saham mayoritas atas kepemilikan 70 persen di perusahaan joint venture ini. 

Mitsubishi Corporation juga diketahui memiliki pengalaman dalam pengembangan perkotaan di Jepang dan Indonesia serta pengalaman Surbana Jurong di proyek-proyek perencanaan dan desain secara global.

Nantinya, Mitbana akan mengawasi dalam pembuatan rencana induk, desain, dan perencanaan pembangunan, bersama-sama dengan Intiland yang mengawasi persiapan lahan, pembangunan infrastruktur dan keterlibatan pemangku kepentingan lokal pada proyek tersebut. 

Permadi menambahkan, lokasi Green Bestari Park yang strategis diyakini akan memberikan kemudahan akses penghuni, baik ke fasilitas-fasilitas yang sudah ada di Talaga Bestari, maupun yang akan dibangun di kawasan terpadu ini dalam beberapa tahun mendatang. 

Pengembangan kawasan dilengkapi jalan-jalan yang meningkatkan konektivitas dan aksesibilitasnya ke landmark-landmark utama. Lokasinya strategis dekat gerbang tol Balaraja Timur, sehingga kemudahan akses dari atau menuju Jakarta dan Tangerang, serta akses langsung ke Kawasan Pusat Bisnis Sudirman (SCBD) di Jakarta. 

“Pengembangan ini juga dekat dengan jalan tol Serpong-Bandara yang menghubungkan ke Bandara Internasional Soekarno-Hatta Jakarta hanya dengan berkendara selama 45 menit,” imbuhnya.

Direktur Utama PT Inti Mitbana Development dan Wakil Chief Operating Officer Mitbana, Daisuke Kobayashi menambahkan, proyek Green Bestari Park memiliki konsep desain 5G yakni Green Reserve, Green Connection, Green Lifestyle, Greenovation, dan Green Community. Proyek Green Bestari Park ini juga terinspirasi untuk menjadi pelopor dalam konservasi energi dan gaya hidup berkelanjutan. 

“Kawasan terintegrasi ini memiliki desain urban yang mengoptimalkan penyerapan air, seperti penyediaan lebih dari empat hektare ruang terbuka hijau yang meningkatkan penyerapan air hujan, serta stasiun pengisian kendaraan listrik,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Peni Widarti
Editor : Miftahul Ulum
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper