Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Honda Jatim Genjot Pangsa Pasar Mobil SUV

Honda Surabaya Center (HSC), diler mobil Honda di Jawa Timur, Bali dan Nusra berupaya menggenjot pangsa pasar mobil segmen sport utility vehicle.
Presiden Direktur HSC, Ang Hoey Tiong (kiri) dan Direktur HSC, Wendy Miharja (kanan) saat memamerkan All New Honda CR-V di Pakuwon Mall Surabaya, Rabu (23/8/2023)./Bisnis-Peni Widarti.
Presiden Direktur HSC, Ang Hoey Tiong (kiri) dan Direktur HSC, Wendy Miharja (kanan) saat memamerkan All New Honda CR-V di Pakuwon Mall Surabaya, Rabu (23/8/2023)./Bisnis-Peni Widarti.

Bisnis.com, SURABAYA - Honda Surabaya Center (HSC), diler mobil Honda di Jawa Timur, Bali dan Nusra berupaya menggenjot pangsa pasar mobil segmen sport utility vehicle (SUV) salah satunya dengan meluncurkan all new Honda CR-V.

Direktur HSC, Wendy Miharja mengatakan sejauh ini penjualan Honda CR-V yang masuk dalam kategori SUV ini telah berkontribusi sekitar 3,5 persen terhadap total penjualan mobil di HSC.

"Total penjualan Honda CR-V di wilayah HSC di sepanjang Januari - Juli 2023 ini sudah mencapai 320 unit untuk model yang lama, sedangkan target penjualan mobil model ini sampai akhir tahun (Desember 2023) adalah 583 unit," katanya dalam Pameran Special Display All New Honda CR-V di Surabaya, Rabu (23/8/2023).

Dia melanjutkan, dengan hadirnya model baru All New Honda CR-V di semester II tahun ini diharapkan bisa semakin menggenjot pangsa pasar SUV Honda di Jatim. Saat ini pangsa pasar SUV Honda di Jatim sendiri berada di angka 9,46 persen.

“Secara total pasar mobil SUV di Jatim sepanjang Januari - Juli 2023 itu sekitar 3.128 unit, jumlah ini pun ada penurunan 30 persen dibandingkan periode sama tahun lalu. Kami berharap dengan adanya model baru Honda CR-V ini, kami dapat mendorong pertumbuhan pasar SUV,” jelasnya.

Wendy menambahkan, meskipun ada sedikit penurunan pasar otomotif di Jatim, tetapi Honda justru mencatatkan peningkatan penjualan 24,8 persen (yoy) yakni mencapai 9.439 unit. 

Menurutnya, penurunan pasar otomotif ini salah satunya dipengaruhi oleh kondisi perekonomian usai perayaan Idulfitri serta di sektor pertanian juga mengalami hambatan panen karena faktor cuaca.

“Capaian penjualan sampai Juli ini memang masih sedikit di bawah harapan, karena memang kendala suplai untuk beberapa tipe dan warna tertentu misalnya Brio, HR-V RS dan model yang two tone colours,” jelasnya.

Presiden Direktur HSC, Ang Hoey Tiong menambahkan All New Honda CR-V yang baru ini memiliki banyak perbedaan dari model sebelumnya. Bahkan modal baru ini memiliki dua varian yakni yang menggunakan bensin dan hibrid.

“Secara keseluruhan keduanya hampir mirip, tetapi ada perbedaan petrol/bensin dengan hibrid. Tapi dibandingkan model sebelumnya perubahan hampir menyeluruh baik eksterior dan interior, yang ini jauh lebih lengkap,” paparnya.

Dia menambahkan, hingga saat ini All New Honda CR-V telah mendapat pemesanan sebanyak 78 unit SPK. Dari jumlah tersebut, sebanyak 25 persen merupakan model petrol dan 75 persen model hibrid.

Sampai akhir Oktober diproyeksikan ada 80 unit yang akan disuplai. Namun secara total target penjualan Honda CR-V  terbaru ini bisa mencapai 233 unit selama Agustus - Desember 2023.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Peni Widarti
Editor : Miftahul Ulum
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper