Pertamina Sabet Tiga Penghargaan Sekaligus Dalam Ajang KUKM Expo 2023

Pertamina terus berupaya mendukung UMKM untuk bangkit dan naik kelas. Dengan semangat gotong royong saling membahu dengan mitra binaan pelaku UMKM
Foto: Pertamina Sabet Tiga Penghargaan Sekaligus Dalam Ajang KUKM Expo 2023
Foto: Pertamina Sabet Tiga Penghargaan Sekaligus Dalam Ajang KUKM Expo 2023

Bisnis.com, Surabaya – Pertamina terus berupaya mendukung UMKM untuk bangkit dan naik kelas. Dengan semangat gotong royong saling membahu dengan mitra binaan pelaku UMKM, Pertamina telah banyak melaksanakan kegiatan pembinaan upaya peningkatan perekonomian dan kemandirian. Mulai dari upskilling pelatihan, pameran, workshop hingga sertifikasi.

Hal ini salah satunya terlihat dalam ajang 10th Koperasi UKM (KUKM) Expo 2023 yang diikuti PT Pertamina Patra Niaga Regional Jatimbalinus dalam rangka memperingati Hari UMKM Nasional Tahun 2023 dan HUT RI ke-78 pekan lalu (11/8) yang berlangsung tiga hari berturut-turut di Grand City Convention & Exhibition Surabaya.

Dalam ajang pameran KUKM Expo 2023 dengan tema semangat gotong royong optimis bangkitkan ekonomi kerakyatan, PT Pertamina Patra Niaga Regional Jatimbalinus memamerkan empat mitra binaan unggulan bidang kriya yakni Shantika Fashion Jaya, Dian Art, Dizza Batik Fashion dan Naysyifa Craft dengan aneka produk craft, aksesoris, batik dan ecoprint.

Dalam pemilihan mitra binaan UMKM, Pertamina menerapkan sistem bergilir dan bergulir, sehingga setiap mitra binaan dapat berkesempatan mengikuti ajang pameran dan pameran ini merupakan salah satu pintu bagi UMKM menuju naik kelas dan kesempatan untuk mendapatkan tawaran penjualan baik skala lokal, nasional bahkan internasional.

Dalam ajang ini, PT Pertamina Patra Niaga Regional Jatimbalinus menyabet tiga penghargaan sekaligus dari Provinsi Jawa Timur antara lain:
1. Stand terbaik
Penghargaan diserahkan oleh Kepala Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah Provinsi Jawa Timur

2. UKM Berprestasi Provinsi Jawa Timur Tahun 2023 Kategori Kriya yang diraih Namira Ecoprint
3. UKM Berprestasi Provinsi Jawa Timur Tahun 2023 Kategori Kriya yang diraih Dede Satoe
Penghargaan diserahkan oleh Gubernur Jawa Timur

Pemilik Namira Ecoprint, Yayuk Eko Agustin Wahyuni mengungkapkan dengan diikutsertakan kedalam pameran dirinya bisa lebih melebarkan sayap pengembangan untuk warga sekitar dan menjalin kerjasama dengan lembaga pengembangan juga perguruan tinggi.

“Untuk penghargaan ini kami mengucapkan terimakasih sekali sebesar-besarnya pada Pertamina karena selama ini dibina dan diberi kesempatan untuk mengikuti pameran sehingga bisa mengembangkan kreatifitas dan pengkayaan untuk produk ecoprint Namira,” ujar Yayuk

Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa mengungkapkan dalam sambutannya upaya mendorong UMKM Naik Kelas ini juga menjadi concern tersendiri bagi Provinsi Jawa Timur.

"Jadi UMKM dan usaha skala besar harus diteruskan, tapi yang kecil juga harus disemangati agar bersama-sama mereka menjadi bagian yang yakin bahwa mereka punya harapan untuk naik kelas," ungkapnya disela melepas ekspor test market produk UMKM dan membuka Pameran the 10th Koperasi UKM (KUKM) Expo 2023.

Area Manager Comm., Rel. & CSR PT Pertamina Patra Niaga Regional Jatimbalinus Ahad Rahedi menerangkan, sebagai BUMN, Pertamina memiliki Program Tanggung Jawab Sosial, salah satunya Program Pembinaan UMKM yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan usaha kecil agar menjadi tangguh dan mandiri sekaligus memberikan multiplier effect bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat. Salah satunya diwujudkan dalam bentuk keikutsertaan pameran yang diselenggarakan dalam event KUKM Expo 2023 ini.

“Melalui program-program pembinaan UMKM dan semangat Energizing Your Future, Pertamina ingin senantiasa menghadirkan energi yang dapat menggerakkan roda ekonomi. Energi yang menjadi bahan bakar, serta energi yang menghasilkan pertumbuhan berkelanjutan. Serta berupaya terus mendorong setiap mitra naik kelas dan Go Global”, ujar Ahad.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Media Digital
Editor : Media Digital
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

# Hot Topic

Rekomendasi Kami

Foto

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper