Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Dampak Luka Psikis Masa Kecil Tidak Diobati Jadikan Pribadi Terisolir

Seringkali inner child, sifat kekanak-kanakan terkait dengan pengalaman atau luka masa lalu yang belum mendapat penyelesaian.
Anak-anak bahagia. /Unicef
Anak-anak bahagia. /Unicef

Bisnis.com, MALANG — Luka psikis pada masa kecil harus diobati karena jika tidak dikhawatirkan berdampak pada kehidupan pribadi yang ujungnya antara lain tidak diterima oleh lingkungan serta kurang peka.

Dosen Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Malang (UMM), Hudaniah, mengatakan seringkali pembahasan inner child, sifat kekanak-kanakkan yang terkait dengan pengalaman atau luka masa lalu yang belum mendapat penyelesaian, ramai di jagat media sosial. 

“Luka tersebut harus diobati karena akan berkaitan dengan kualitas diri di masa yang akan datang,” katanya, Senin (14/8/2023).

Ketika tidak diobati, dia menegaskan mungkin bisa saja luka tersebut sembuh. Tetapi butuh waktu lama dan meninggalkan bekas yang dalam. Bekasnya ini bisa berdampak pada kehidupan pribadi, seperti overthinking, penilaian negatif tentang diri sendiri dan menjadi orang yang tidak menyenangkan. Bahkan berakibat pada tidak diterima oleh lingkungan sosial, kurang peka dan lain-lain.

Salah satu masalah timbulnya luka psikis, kata dia, yakni pengasuhan yang kurang tepat dan optimal saat masa kecil. Misalnya saja mengalami kejadian traumatis, baik itu kekerasan dalam rumah tangga (KDRT), penelantaran, hingga pengabaian. 

“Luka-luka ini perlu diobati dengan beberapa langkah. Pertama yakni dengan menjalin dukungan sosial. Mendapatkan dukungan dari teman-teman, keluarga, atau bergabung dalam kelompok dukungan dapat membantu individu merasa tidak sendirian dalam menghadapi perjalanan pemulihan,” ujarnya.

Selain itu, ujar dia, terapi dan konseling juga dapat dilakukan. Meminta bantuan dari profesional seperti psikolog atau konselor dapat membantu individu untuk mengatasi trauma dan emosi yang terpendam. Dalam sesi terapi, individu diberikan kesempatan untuk berbicara dan meresapi perasaan mereka dengan dukungan dan panduan yang tepat.

“Yang terakhir adalah praktik pemaafan. Memaafkan diri sendiri dan orang tua yang terlibat dalam masa lalu adalah langkah penting dalam memutus siklus negatif. Pemaafan membantu melepaskan beban dan memungkinkan individu untuk melangkah maju,” tandasnya.

Hudaniah juga berpesan ke siapa saja yang punya luka masa lalu untuk terus berusaha menjadi lebih baik.

"Teruslah bergerak. Kita bukan seperti donat yang diam saja bisa berkembang. Pahami bahwa segala situasi yang kita hadapi tidak semuanya yang seperti kita inginkan. Dengan begitu kita bisa terus belajar dari pengalaman sehingga menjadi individu yang lebih matang dan berdaya," ujarnya menyarankan.

Agar rantai ini terputus, dia mengusulkan, perlu ada persiapan bagi para calon orang tua sebelum memutuskan untuk menikah. Ini semua berawal dari keputusan pernikahan, regulasi solusi dalam pernikahan, manajemen konflik dan tujuan pernikahan itu sendiri.

“Harus disadari adanya konsekuensi yang muncul pascapernikahan, termasuk kehadiran anak. Bagaimana orang tua memaknai kehadiran anak. Orang tua harus mengorbankan waktu hingga kebutuhan finansialnya. Ini kalau tidak disiapkan bahaya. Anak bisa jadi pelampiasan orang tua yang tidak matang,” ucapnya.(K24)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Choirul Anam
Editor : Miftahul Ulum
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper