Gelar Garage Sale, Pemkot Surabaya Terima Sumbangan hingga 27 Mei

Pemkot memperpanjang penyerahan bantuan sampai 27 Mei 2023, karena seharusnya berakhir pada 19 Mei 2023.
Konsumen sedang memilih baju bekas di sebuah thrift shop./Dok. Freepik
Konsumen sedang memilih baju bekas di sebuah thrift shop./Dok. Freepik

Bisnis.com, SURABAYA - Pemerintah Kota Surabaya membuka penerimaan bantuan pribadi maupun perusahaan untuk mendukung kegiatan garage sale atau penjualan barang-barang bekas berupa pakaian yang masih layak, hingga 27 Mei 2023.

"Terima kasih untuk semua masyarakat dan perusahaan yang sudah ikut berbagi. Karena banyak yang meminta waktu perpanjangan, maka kami perpanjang penyerahan bantuan sampai 27 Mei 2023, karena seharusnya berakhir pada 19 Mei 2023," kata Sekretaris Daerah (Sekda) Ikhsan di Surabaya, Sabtu (20/5/2023).

Menurut dia, dengan adanya kegiatan garage sale dalam rangka Hari Jadi Kota Surabaya (HJKS) ke-730 tersebut, membuktikan budaya gotong-royong dan kepedulian, terus dilakukan oleh masyarakat maupun stakeholder yang ada di Kota Pahlawan.

"Dari item-item (barang-barang) itu, kami akan fokus untuk masyarakat yang masuk dalam kategori keluarga miskin, melalui program garage sale yang akan dilaksanakan di setiap kantor kelurahan di awal bulan Juni 2023," kata Ikhsan.

Nantinya, kata dia, keluarga miskin yang terdata oleh Pemkot Surabaya bisa menebus barang atau pakaian tersebut seharga Rp2 ribuan. Mereka bisa mengakses kegiatan tersebut di masing-masing kantor kelurahan, sesuai dengan alamat domisili.

"Mohon maaf sebelumnya, kami tidak memberikan secara cuma-cuma, tetapi keluarga miskin (gamis) bisa menebusnya dengan harga murah, yakni tiap item barang Rp2 ribuan. Uang yang terkumpul nanti akan dikelola untuk disinergikan dengan program pemkot lainnya, tentunya bagi warga Surabaya, khususnya dalam program pengentasan kemiskinan," ujarnya.

Oleh sebab itu, Ikhsan menerangkan, bahwa terdapat pembatasan dalam menebus barang maupun pakaian.

"Nanti tergantung dari jumlah item (bantuan) yang kami terima, karena sasaran kami adalah Rp75 ribu keluarga miskin yang terdaftar dan terdata di Kota Surabaya. Jadi kami akan menyesuaikan, kalau kami terima seumpama 300 barang, maka satu per KK bisa mendapatkan 4 item, dengan menebusnya per item Rp2 ribuan dikali 4, total hanya Rp8 ribuan. Ada banyak barang dan tentunya sangat berkualitas," ucapnya.

Pemerintah Kota Surabaya sebelumnya menerima bantuan 2.000 T-Shirt (kaos) dari PT. Surya Timur Sakti Jatim (Yamaha STSJ), serta 13 dus yang berisi pakaian wanita, pria dan sepatu dari PT. Duta Unirama Duta Niaga di Balai Kota Surabaya, Jumat (19/5).

Bantuan yang diberikan tersebut, merupakan salah satu cara berbagi kepada warga Surabaya, yang sekaligus mendukung penyelenggaraan garage sale dalam menyemarakkan Hari Jadi Kota Surabaya (HJKS) ke-730.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Miftahul Ulum
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper