Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pengguna Data Indosat di Jatim, Bali, Nusra Tumbuh 12 Persen

Indosat Ooredoo Hutchison (IOH) Regional East Java and Bali Nusra (EJBN) pada kuartal pertama tahun ini mencatatkan kinerja moncer.
Karyawan melayani pelanggan di gerai PT Indosat Tbk. (ISAT) atau Indosat Ooredoo Hutchison di Jakarta, Rabu (15/2/2023)./Bisnis-Eusebio Chrysnamrti
Karyawan melayani pelanggan di gerai PT Indosat Tbk. (ISAT) atau Indosat Ooredoo Hutchison di Jakarta, Rabu (15/2/2023)./Bisnis-Eusebio Chrysnamrti

Bisnis.com, SURABAYA — Indosat Ooredoo Hutchison (IOH) Regional East Java and Bali Nusra (EJBN) pada kuartal pertama tahun ini mencatatkan kinerja pengguna data 4G mampu tumbuh 12 persen (yoy).

SVP - Head of Regional EJBN Indosat, Soejanto Prasetya mengatakan, sejalan dengan peningkatan jumlah pengguna data 4G Indosat ini juga sejalan dengan peningkatan trafik data 4G yang juga tumbuh 14 persen.

“Peningkatan pengguna maupun trafik data ini juga karena ada peningkatan kapasitas jaringan dengan jumlah BTS 4G yang tumbuh 21 persen (yoy) atau bertambah sekitar 4.500 BTS,” ujarnya, Selasa (2/5/2023).

Adapun secara nasional pada kuartal I/2023 ini, perusahaan telekomunikasi berkode saham ISAT mencatatkan kinerja yang positif. Tercatat basis pelanggan Indosat meningkat 3,9 juta yakni telah mencapai 98,5 juta pelanggan. Pengguna data 4G bertambah 5,1 juta (yoy) menjadi 73,4 juta pengguna. 

Pencapaian ini diperkuat oleh pertumbuhan pelanggan berkualitas yang menghasilkan peningkatan pendapatan rata-rata per pengguna (Average Revenue Per User/ARPU) gabungan pada kuartal I/2023 yang mencapai Rp32.900, naik dari Rp32.000 (yoy).

Dengan basis pelanggan berkualitas yang semakin berkembang, lalu lintas data mengalami kenaikan 17,3 persen (Yoy) menjadi 3.375,7 Petabyte (PB). Bersamaan dengan itu, Indosat semakin memperluas infrastruktur jaringannya ke seluruh Tanah Air dengan jumlah BTS 4G yang bertambah 26,7 persen (yoy) menjadi 152.000 BTS 4G untuk melayani trafik data yang terus tumbuh pesat.

President Director and CEO IOH, Vikram Sinha mengatakan pertumbuhan kinerja operasional tersebut juga telah mendorong pertumbuhan kinerja pendapatan yang tercatat pada kuartal I/2023 mencapai Rp11.945,0 miliar atau tumbuh 9,9 persen (yoy), dengan capaian laba periode berjalan Rp929,1 miliar atau tumbuh 621,6 persen (yoy).

“Eksekusi strategi Go-to-Market kami yang tepat menjadi pendorong utama pertumbuhan kami. Berbagai pencapaian positif terjadi di sepanjang kuartal I ini, termasuk penyelesaian integrasi jaringan kami, akan mempercepat pertumbuhan transformasi digital Indonesia,” ujarnya.

Vikram menjelaskan, di akhir Maret lalu Indosat telah mencapai 100 persen proses integrasi jaringan dengan menggunakan teknologi Multi-Operator Core Network (MOCN) yang dilakukan di lebih dari 46.000 sites di seluruh Indonesia. 

Saat ini seluruh pelanggan Indosat sudah dapat merasakan jangkauan jaringan yang lebih luas dengan tambahan lebih dari 700 kecamatan, kualitas layanan di dalam ruangan yang lebih baik dengan tambahan 32 persen populasi, serta pengalaman internet yang lebih cepat hingga 2 kali lipat. 

“Tidak hanya itu, kecepatan unduh dan latensi jaringan Indosat yang lebih baik mampu meningkatkan sekitar 20 persen pengalaman pelanggan untuk layanan utama seperti video streaming dan gaming,” imbuhnya.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Peni Widarti
Editor : Miftahul Ulum
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper