Pertashop Ikuti Program RAFI 2023 Pertamina Patra Niaga

Untuk memaksimalkan pelayanan sepanjang jalur mudik Pertamina Patra Niaga juga menyediakan tambahan 10 modular Pertashop rest area tol yang belum memiliki SPBU.
Foto: Direktur Pemasaran Regional PT Patra Niaga, Mars Ega Legowo (kiri) saat melakukan Sidak kesiapan RAFI 2023 di Rest Area KM 66 Purwodadi Pasuruan.
Foto: Direktur Pemasaran Regional PT Patra Niaga, Mars Ega Legowo (kiri) saat melakukan Sidak kesiapan RAFI 2023 di Rest Area KM 66 Purwodadi Pasuruan.

Bisnis.com, SURABAYA - Pertamina melalui subholding Pertamina Patra Niaga memastikan siap menghadapi lonjakan permintaan saat liburan Idul Fitri. Outlet penjualan berskala tertentu yang melayani bahan bakar minyak non subsidi Pertamina atau Pertashop, ikut serta dalam program Pertamina Siaga RAFI (Ramadhan dan Idul Fitri) 2023.

Hal itu diungkapkan salah satu pengelola dari Pertashop KH Malik di Jalan KH Malik, Buring, Kecamatan Kedungkandang, Kota Malang, saat mendapatkan kunjungan dari Direktur Pemasaran Regional Patra Niaga, Mars Ega Legowo, Senin (17/4/2023).

"Kami siap tetap buka untuk mendukung program Pertamina Siaga RAFI 2023. Karena di kawasan Buring ini jauh dari SPBU,"

kata Sylvia Nurfitriyana, dari CV Hutama Cipta Meinardy, owner dari Pertashop yang juga menyediakan outlet sinergi BUMN, seperti Pos Kita, Pupuk Indonesia, Rumah Pangan Kita (RPK), dan agen BRILink.

Sylvia juga mengaku sangat antusias karena Pertashop tipe Gold yang dia usahakan untuk baru operasional pada September 2022. Sehingga bisa memenuhi kebutuhan BBM non subsidi masyarakat saat musim Ramadan dan Lebaran 2023 ini.

"Sehingga kami tidak libur. Tetap buka. Karena akan banyak orang yang mudik di kampung ini yang tidak perlu jauh-jauh kalau butuh BBM," lanjut Sylvia

Menurut Direktur Pemasaran Regional PT Pertamina Patra Niaga, Mars Ega Legowo Putra, distribusi dan pasokan BBM selama libur lebaran terjamin hingga ke pelosok desa.

"Kami pastikan ketersediaan gasoline, hingga elpiji aman termasuk distribusinya," ungkap Ega saat berkunjung ke Pertashop KH Malik, Buring Malang, Senin (16/4/2023).

Tak hanya melihat pasokan dan layanan di Pertashop Buring Malang saja, Ega juga mengapresiasi Pertashop KH Malik karena tak hanya menyediakan Pertamax melainkan juga bisa berkolaborasi dengan sejumlah BUMN seperti Bulog untuk penjualan kebutuhan sembako. Dengan Pupuk Indonesia serta bank BRI.

"Kami juga mengapresiasi langkah yang dilakukan oleh Pertashop disini yang mampu menjawab kebutuhan warga dan petani. Kami juga berkolaborasi dengan BUMN untuk melakukan berbagai promo bersama. Misalnya membeli pupuk 50 Kg mendapatkan gratis Pertamax sebanyak 2 liter," papar Ega.

Peetashop tak hanya akan buka di pedesaan saja. Untuk memaksimalkan pelayanan sepanjang jalur mudik Pertamina Patra Niaga juga menyediakan tambahan 10 modular Pertashop rest area tol yang belum memiliki SPBU. Sehingga dimanapun pemudik berhenti dan membutuhkan gasoline dengan mudah bisa mendapatkannya.

"Tentu kami menghimbau pada pemudik untuk memastikan kendaraan mereka sebelum mudik sudah terisi penuh. Agar saat diperjalanan tidak khawatir kehabisan BBM," tambah Ega.

Untuk memastikan ketersediaan dan layanan yang maksimal, Ega pun melakukan kunjungan ke berbagai titik mulai dari ke Pertashop di Malang sebagai salah satu daerah tujuan mudik, rest area KM 66 KM Purwodadi Pasuruan, rest area tol 753 Sidoarjo hingga Madiun.

Executive GM Pertamina Patra Niaga Regional Jatimbalinus, Dwi Puja Ariestya, menambahkan secara umum konsumsi gasoline sepanjang libur lebaran naik 15 persen untuk wilayah Jatim, Bali dan Nusra. Untuk konsumsi BBM terutama jenis Gasoline (Pertamax, Pertalite) sekitar naik 7,1 persen dari rata-rata normal 17.963 kl/hari atau dibandingkan bulan sebelumnya.

Sedangkan proyeksi untuk BBM jenis Gasoil (solar) akan mengalami penurunan 10,6 persen dari rata-rata hari normal 8.119 kl.

”Penurunan konsumsi ini akibat berkurangnya aktivitas kendaraan niaga pada saat momen mudik, tetapi kalau dari kereta api kami perkirakan ada peningkatan konsumsi 4,5 persen dari hari normal 143 KL," tandasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Media Digital
Editor : Media Digital
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

# Hot Topic

Rekomendasi Kami

Foto

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper