Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Mudik Lebaran 2023, Penumpang Melalui Juanda Diprediksi Naik 18 Persen

Bandara Internasional Juanda Surabaya memperkirakan penumpang pesawat 19 hari angkutan Lebaran mulai 14 April- 2 Mei 2023 meningkat 18 persen.
Suasana pintu keberangkatan Bandara Internasional Juanda Surabaya./Dok. Angkasa Pura I
Suasana pintu keberangkatan Bandara Internasional Juanda Surabaya./Dok. Angkasa Pura I

Bisnis.com, SURABAYA — Bandara Internasional Juanda Surabaya memperkirakan pergerakan penumpang pesawat selama 19 hari Posko pengendalian angkutan Lebaran mulai 14 April - 2 Mei 2023 akan meningkat 18 persen dibandingkan momen yang sama tahun lalu.

General Manager Bandara Internasional Juanda, Sisyani Jaffar menjelaskan, selama periode posko tersebut pihaknya memprediksi akan ada arus mudik Lebaran mencapai 772.145 penumpang atau naik 18 persen dibandingkan tahun lalu yang hanya sekitar 656.817 penumpang.

“Dari jumlah penumpang itu, kami perkirakan akan ada puncak pergerakan penumpang pada H-3 Lebaran yakni sebanyak 42.000 orang,” ujarnya, Jumat (14/4/2023).

Selain itu, lanjutnya, untuk pergerkan pesawat pada periode posko tersebut diperkirakan akan ada 5.439 pergerakan atau meningkat 16 persen dibanding momen sama tahun lalu sebanyak 4.694 pergerakan pesawat.

“Jumlah tertinggi diprediksi juga akan terjadi pada H-3 yakni sekitar 294 pergerakan pesawat,” imbuhnya.

Sisyani menambahkan, proyeksi peningkatan arus penumpang mudik menggunakan pesawat ini sejalan juga dengan adanya penambahan jadwal penerbangan atau eksta flight dari sejumlah maskapai penerbangan selama periode libur Lebaran.

“Hingga saat ini ada 4 maskapai yang mengajukan. Berdasarkan permohonan yang kami terima, Air Asia, Lion Air, Pelita Air, dan Super Air Jet sudah mengajukan. Semuanya penerbangan domestik untuk rute Bali, Balikpapan, Jakarta, dan Banjarmasin dengan total 210 flight datang dan berangkat pada periode Posko Lebaran," jelasnya.

Untuk mengantisipasi hal tersebut, tambah Sisyani, pihaknya melakukan penyesuaian jam operasional bandara. Kondisi eksisting saat ini untuk operasional pelayanan adalah 16 jam dimulai pukul 05.00 WIB hingga 21.00 WIB. 

“Kami berencana akan menambah jam operasional pelayanan menjadi 24 jam untuk periode tanggal 18 hingga 30 April 2023,” imbuhnya.

Sisyani juga mengimbau kepada seluruh calon penumpang yang akan berangkat dari Bandara Intenasional Juanda untuk datang 2-3 jam sebelum keberangkatan. 

Selama momen Lebaran ini, Bandara Internasional Juanda juga menyiapkan posko yang berlokasi di area lobby kedatangan Terminal 1.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Peni Widarti
Editor : Miftahul Ulum
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper