Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Antisipasi Lonjakan Trafik, Indosat Optimalkan Jaringan di 400 Titik

Indosat Ooredoo Hutchison (IOH) mengoptimalisasi jaringan di hampir 400 titik pusat keramaian dan menambah 30 persen kapasitas data.
Foto udara salah satu Base Transceiver Station (BTS)./Bisnis-Fanny Kusumawardhani
Foto udara salah satu Base Transceiver Station (BTS)./Bisnis-Fanny Kusumawardhani

Bisnis.com, SURABAYA — Indosat Ooredoo Hutchison (IOH) mengoptimalisasi jaringan di hampir 400 titik pusat keramaian dan menambah 30 persen kapasitas data untuk mengantisipasi lonjakan trafik data harian saat momen Hari Raya Idulfitri.

President Director dan CEO IOH, Vikram Sinha mengatakan Indosat sendiri telah memprediksi kenaikan trafik data tertinggi sekitar 20 persen dibandingkan hari biasa selama periode libur Lebaran tahun ini karena meningkatnya penggunaan aplikasi dan messaging berbasis video seperti YouTube, TikTok, Instagram, Facebook, dan WhatsApp.

"Dengan prediksi kenaikan trafik data 20 persen, kami mempersiapkan diri untuk mengantisipasi peningkatan tersebut dan menambah kapasitas data lebih dari 30 persen," ujarnya, Kamis (13/4/2023).

Selain itu, lanjutnya, IOH mengoptimalisasi jaringan di hampir 400 titik pusat keramaian seperti destinasi wisata, pusat perbelanjaan, masjid, tempat peristirahatan, bandara, stasiun, terminal, dan pelabuhan.

Indosat juga melakukan optimalisasi jaringan di 9 jalur kereta, 17 jalan tol termasuk tol Jakarta-Surabaya, dan 30 jalan non-tol seperti Padang-Bukit Tinggi dan Banjarmasin-Martapura.

"Berdasarkan pengalaman di masa Ramadan dan Lebaran tahun sebelumnya, Indosat mengantisipasi peningkatan lalu lintas data tertinggi di area Jawa Barat, Banten, Sumatra Selatan, Jawa Tengah, dan Jawa Timur," ujarnya.

Vikram menambahkan, Indosat optimistis dapat melayani konsumen di manapun saat merayakan Lebaran, hal ini sejalan dengan telah rampungnya 100 persen proses integrasi jaringan dengan teknologi Multi Operator Core Network (MOCN) yang dilakukan di lebih dari 46 ribu sites di seluruh Indonesia.

Integrasi sites tersebut selesai sesuai target satu tahun, di akhir Maret lalu, dengan dukungan dari para mitra yaitu Ericsson, Huawei, dan Nokia sebagai penyedia perangkat radio, serta mitra-mitra transmisi, core, infrastructure tower, fiber optic, dan lainnya.

Seluruh pelanggan Indosat, baik IM3 maupun Tri, sudah dapat merasakan jangkauan jaringan yang lebih luas dengan tambahan lebih dari 700 kecamatan, kualitas layanan di dalam ruangan yang lebih baik untuk tambahan 32 persen populasi.

"Kami juga memberikan pengalaman telekomunikasi digital terbaik bagi pelanggan dengan diaktifkannya command center fisik terpusat sejak H-3 Lebaran yang didukungan lebih dari 2.000 petugas teknis yang bersiaga sepanjang waktu," imbuh Vikram.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Peni Widarti
Editor : Miftahul Ulum
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper